Pemprov Sulteng gandeng UIN Datokarama Palu kembangkan pendidikan daerah

id UIN DATOKARAMA,UIN PALU,lukman s thahir,gubernur sulteng,rusdy mastura,pemprov sulteng,uin datokarama dan pemprov sulten

Pemprov Sulteng gandeng UIN Datokarama Palu kembangkan pendidikan daerah

Gubernur Sulteng Rusdy Matura dan Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir foto bersama sambil memperlihatkan naskah kesepakatan bersama yang ditandatangani dua pihak, di Palu, Senin (4/12/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama untuk mengembangkan pendidikan daerah, dalam rangka menopang percepatan pengembangan provinsi tersebut lewat visi gerak cepat Sulteng lebih maju dan lebih sejahtera.

"Saya berharap UIN Datokarama membantu pengembangan daerah," kata Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura, di Kota Palu, Senin.

Kerja sama Pemprov Sulteng dan UIN Datokarama ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama tentang kerja sama pengembangan pendidikan, pengabdian masyarakat, riset dan inovasi penelitian, yang dilakukan oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dengan Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir.

Seremonial penandatanganan nota kesepakatan bersama itu berlangsung di Auditorium UIN Datokarama.

Ruang lingkup kesepakatan bersama itu mencakup pengembangan pendidikan tinggi dan pendidikan menengah atas di Sulteng, pengabdian masyarakat dalam peningkatan kualitas pembangunan di Sulteng, peningkatan penelitian, riset dan inovasi pengembangan ilmu pengetahuan.

Kemudian, tentang pengkajian dalam pembentukan produk hukum daerah sesuai kebutuhan, serta peningkatan program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Kesepakatan bersama antara Pemprov Sulteng dengan UIN Datokarama bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan serta peningkatan SDM di Sulteng, mengembangkan pengabdian masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas pembangunan Sulteng.

Mewujudkan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat, yang memperhatikan aspek demografi dan geografis di Sulteng.

Kesepakatan bersama tersebut juga bertujuan, meningkatkan daya saing daerah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan profesional, yang berbudaya, kreatif, toleran, demokratis dan berkarakter tangguh untuk kepentingan daerah di Sulteng.
Gubernur Sulteng Rusdy Matura menyampaikan arahan di sela - sela penandatanganan naskah kesepakatan bersama antara UIN Datokarama dengan Pemprov Sulteng, di Palu, Senin (4/12/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)


Terkait hal ini, Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir menilai bahwa kesepakatan bersama tersebut, menjadi wujud bukti keseriusan dan komitmen Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dalam mengembangkan pendidikan daerah dan potensi daerah.

Rektor mengatakan bahwa melalui kerja sama itu, UIN Datokarama akan lebih mengoptimalkan pengabdian dan kontribusi terhadap daerah melalui peran dan fungsi perguruan tinggi.

"Salah satu fokus UIN Datokarama dalam kontribusi membantu menyukseskan Sulteng negeri seribu megalit dan menopang dari aspek penyediaan SDM terkait Sulteng penyangga IKN Nusantara," sebutnya.

Kesepakatan bersama yang telah terbangun, ujar Rektor membuka pintu bagi akademisi UIN Datokarama untuk melakukan riset - riset terkait dengan pengembangan cagar budaya megalit dan cagar budaya lainnya yang ada di Sulteng.

Di samping itu, kesepakatan bersama tersebut menjadi peluang untuk UIN Datokarama berkontribusi membantu Gubernur Sulteng menjadikan Sulteng sebagai penyangga kebutuhan logistik IKN.