Sigi prioritaskan APBD untuk penuhi kebutuhan masyarakat

id pemkab sigi,wabup sigi,samuel pongi,apbd sigi,dprd sigi

Sigi prioritaskan APBD untuk penuhi kebutuhan masyarakat

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memprioritaskan pemanfaatan APBD untuk memenuhi kebutuhan masyarakat demi percepatan peningkatan kesejahteraan.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada ketua beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Sigi yang selama ini telah bekerja sama dengan Pemkab Sigi dalam mengawal perjalanan pembangunan demi kepentingan seluruh masyarakat," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Selasa.

Samuel mengemukakan bahwa pemerintah kabupaten dan DPRD Sigi telah selesai membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD 2024 dan telah ditetapkan menjadi peraturan daerah (perda).

APBD Kabupaten Sigi tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp1,3 triliun lebih.

Pemkab Sigi mengarahkan prioritas belanja pada pemenuhan kebutuhan masyarakat pada aspek infrastruktur dan sarana prasarana, pertanian, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta sosial keagamaan.

"Pembahasan APBD Kabupaten Sigi tahun anggaran 2024 yang dilakukan DPRD pada prinsipnya merupakan salah satu wujud tanggung jawab bersama dalam melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Samuel.

Ia mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi terus berupa melakukan pemenuhan kebutuhan masyarakat pada aspek - aspek tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Pemerintah terus berupaya membangun kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan daerah yang cintai bersama," ujarnya.

Pemkab Sigi dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah mengacu pada visi Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis. Visi ini oleh menjadi satu komitmen untuk membangun dan mengembangkan daerah sesuai potensi yang dimiliki.

Kabupaten Sigi dikenal sebagai daerah yang kaya sumber daya alam pada sektor pertanian dan sub sektor turunannya. Dengan potensi itu, Sigi berupaya menjadi daerah yang menopang Provinsi Sulteng sebagai daerah penyuplai logisitk untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.