Pemkab Sigi dan Kodim bangun rumah layak huni bagi warga terdampak bencana

id Pemkab Sigi,Wabup Sigi,Warga salua,Bantuan rumah salua,Kodim Donggala,Kodim Palu

Pemkab Sigi dan Kodim bangun rumah layak huni bagi warga terdampak bencana

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi mendampingi warga penerima manfaat dalam acara serah terima bantuan rumah. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggandeng Kodim 1306 Palu membangun kembali rumah layak huni bagi warga yang terdampak bencana kebakaran, di Desa Salua, Kecamatan Kulawi.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Kamis, mengemukakan bantuan satu unit rumah layak huni yang diberikan, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas hunian, sekaligus sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat.

"Bantuan rumah ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dengan Kodim 1306 Palu dalam upaya mendukung pemulihan warga yang terdampak musibah," kata Samuel Pongi.

Bantuan satu unit rumah diserahkan oleh Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi dan Dandim 1306 Palu kepada warga penerima manfaat, berlangsung di Desa Salua, Kecamatan Kulawi.

Samuel mengemukakan bahwa dalam konteks percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat di dalamnya termasuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti perumahan, harus dilakukan dengan pendekatan pentahelix.

Melalui pendekatan itu, kata dia, semua unsur dan pihak harus bekerja sama, untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dihadapi dalam percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, ujar dia, keterlibatan Kodim 1306 Palu menjadi wujud komitmen dan konsistensi dalam mempercepat pembangunan kesejahteraan warga.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama antara Kodim 1306 Palu yang telah bersedia bekerja sama untuk memberikan bantuan rumah kepada warga yang membutuhkan," sebutnya.

Menurut Samuel, gotong royong dan kerja sama berkelanjutan menjadi hal penting, dalam penanggulangan bencana dan mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Termasuk gotong royong untuk melakukan pengurangan risiko bencana secara berkelanjutan," ucapnya.

Ia berharap masyarakat Desa Salua dapat saling mendukung dan membangun kembali kehidupan mereka, serta menjaga kebersihan dan keamanan di sekitar lingkungan rumah baru yang diberikan.*
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)