LPKA Kelas II Palu lakukan pemeriksaan kesehatan TBC dan HIV bagi anak binaan

id LPKA Palu ,Pemeriksaan kesehatan TBC/HIV,Kota Palu ,Anak binaan,Sulteng

LPKA Kelas II Palu lakukan pemeriksaan kesehatan TBC dan HIV bagi anak binaan

Anak binaan LPKA Palu menjalani pemeriksaan kesehatan di LPKA Palu, Kota Palu, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi LPKA Palu)

Palu (ANTARA) - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Sulawesi Tengah melalukan pemeriksaan kesehatan Tuberkulosis (TBC) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) bagi anak binaan untuk semester kedua.

“Kegiatan ini merupakan skrining massal semester kedua bagi anak binaan LPKA Palu dalam upaya mewujudkan kondisi anak binaan yang selalu sehat," kata Kepala LPKA Palu Revanda Bangun di Kota Palu, Sabtu.
 
 
Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan merupakan bentuk komitmen LPKA Palu dalam memenuhi hak kesehatan anak binaan.
 
Revanda menyebutkan sebanyak 16 anak binaan mengikuti pemeriksaan kesehatan sebagai upaya preventif dalam penanggulangan bahaya TBC dan HIV, untuk mendukung dan melindungi tumbuh kembang anak.
 
Selain itu, kata dia, sebagai upaya deteksi dini dalam mencegah penularan penyakit tersebut.
 
"Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat," katanya.
 
Menurut dia, anak binaan memiliki potensi tinggi dalam penularan penyakit, sehingga menjadi kewajiban LPKA Palu untuk melakukan langkah-langkah preventif dan pengawasan terhadap kesehatan anak.
 
 
Ia berharap para anak binaan dapat selalu menjaga kesehatannya, baik dari dalam diri maupun lingkungan sekitar.
 
"Pemenuhan hak kesehatan terus kami berikan kepada anak binaan untuk mewujudkan generasi muda kita selalu sehat dan produktif demi Generasi Emas 2045," ujar Revanda.