Banjir genangi puluhan rumah warga di Poso Pesisir

id banjir poso pesisir,banjir sulawesi,dampak banjir

Banjir genangi puluhan rumah warga di Poso Pesisir

Banjir menggenangi permukiman warga di Desa Bega, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (15/12/2023) malam. (ANTARA/HO-BPBD)

Palu (ANTARA) - Banjir menggenangi puluhan rumah warga di wilayah Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Jumat (15/12) malam menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Tengah Akris Fattah Yunus di Kota Palu, Sabtu, menyampaikan bahwa 85 rumah warga tergenang akibat banjir yang terjadi pada Jumat (15/12) sekitar pukul 20.00 WITA di Poso Pesisir.

Menurut dia, hujan deras menyebabkan air Sungai Kasiguncu dan Sungai Tibombo meluap serta menggenangi permukiman warga di Dusun I, Desa Bega, Kecamatan Poso Pesisir.

"Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam bangunan sekolah dan sebagian ruas jalan," katanya.

Ia mengatakan, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Poso menuju ke lokasi banjir untuk melakukan asesmen setelah menerima laporan dari aparat pemerintah desa.

Menurut dia, bencana banjir yang terjadi di Desa Bega tidak sampai memaksa warga mengungsi dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Akris mengatakan bahwa banjir yang melanda desa itu sekarang sudah surut.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah membangun tanggul penahan air, dan membantu warga untuk membersihkan lumpur di rumah masing-masing," katanya.