Pemkab Sigi bersama Kemenkes dan Bappenas sinergi kembangkan RSU Kulawi

id Pemkab Sigi,nuim hayat,rsu kulawi,sekda sigi,pelayanan kesehatan

Pemkab Sigi bersama Kemenkes dan Bappenas sinergi kembangkan RSU Kulawi

Foto bersama Sekda Sigi Nuim Hayat bersama jajaran tim Kemenkes dan Bappenas di RSU Kulawi. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bersinergi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pembangunan Perencanaan Nasional (Bappenas) mengembangkan layanan Rumah Sakit Umum (RSU) Kauria yang terletak di Kecamatan Kulawi.

"Sinergi ini sebagai wujud untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui RSU Kulawi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sigi Nuim Hayat, di Sigi, Rabu.

Kemenkes dan Bappenas bersama Pemkab Sigi meninjau secara menyeluruh Rumah Sakit Umum (RSU) Kauria di Kecamatan Kulawi tersebut. RS tersebut mulai dibangun pada Agustus 2022 oleh Pemkab Sigi guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu.

Saat ini pembangunan RSU tersebut mulai rampung secara keseluruhan, namun sebelum beroperasi dilakukan peninjauan. Nuim Hayat mengatakan peninjau itu penting untuk memastikan RSU Kulawi memenuhi standar operasional yang dipersyaratkan Kemenkes.

"Peninjauan RSU Kulawi oleh Bappenas dan Kemenkes RI ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Sigi meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia berharap fasilitas dan kualitas yang dimiliki RS tersebut mampu mendongkrak mutu pelayanan kesehatan Kulawi.  Peninjauan yang dilakukan tim tersebut, kata dia, juga diikutkan dengan diskusi antara tim peninjau dengan pihak manajemen RSU, tenaga medis, dan petugas kesehatan terkait.

Diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan masukan mengenai kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di RSU Kauria Kulawi.