MMSGI dukung OIKN dalam pembangunan miniatur hutan hujan tropis

id IKN,OIKN,hutan hujan tropis

MMSGI dukung OIKN dalam pembangunan miniatur hutan hujan tropis

Dokumentasi Groundbreaking Miniatur Hutan Hujan Tropis Nusantara. (ANTARA/HO-MMS Group Indonesia (MMSGI))

Jakarta (ANTARA) - MMS Group Indonesia (MMSGI), melalui PT Multi Harapan Utama (MHU), mendukung Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis.

 

Partisipasi MMSGI dalam proyek tersebut merupakan bentuk keterlibatan swasta dalam proyek pemerintah.

“IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan merupakan program strategis pemerintah, kami siap untuk mendukung pengembangannya,” kata COO MHU Faiz Fauzan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

OIKN, melalui Kedeputian Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, bersama mitra pendukung lainnya melakukan transformasi Hutan Tanaman Industri (HTI) menjadi hutan hujan tropis dalam mewujudkan kota hutan berkelanjutan IKN.

Agenda tersebut merupakan bagian dari prinsip pembangunan IKN yang didesain untuk memiliki kapasitas lebih dari 65 persen kawasan hutan tropis.

Baca juga: MMS Group beli unit karbon guna dukung ekonomi berkelanjutan Indonesia

Baca juga: OIKN: Pengusaha lokal harus jadi penggerak ekonomi IKN

Program reforestasi IKN ditandai dengan pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis pada lahan seluas 97 hektare yang terdiri dari areal hutan hujan tropis, Rumah Galeri, taman hutan dan area pendukung lainnya.

Dalam konteks itu, MHU mengembangkan 30 hektare area Miniatur Hutan Hujan Tropis.

Selain itu, MHU juga andil dalam pembangunan kawasan hutan lindung seluas 1.000 hektare.

“MMSGI dan seluruh ekosistemnya mempunyai visi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia. Dalam kesempatan ini kami merasa terhormat dapat berkontribusi langsung dalam program yang mendukung Pembangunan IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan yang sejalan dengan agenda Indonesia Net Zero Emission 2060,” ujar CEO MMS Group Indonesia Sendy Greti.

OIKN pada awal Desember 2023 merilis Nusantara's Net Zero Emission Strategy, sebuah dokumen yang menunjukkan komitmen kota ini untuk ikut ambil bagian dalam upaya global mengakselerasi aksi iklim.

IKN menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki Regionally and Locally Determined Contribution RLDC sebagai panduan untuk menjadi model kota hijau dan berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Produsen AMDK dukung reforestrasi di kawasan IKN

Baca juga: OIKN: Pembangunan IKN harus mampu dorong budaya kerja dan hidup baru