Sigi gencarkan Germas ke tingkat desa

id Pemkab Sigi,Wabup Sigi,Samuel Pongi,Germas,Germas Sigi

Sigi gencarkan Germas ke tingkat desa

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ke tingkat desa dalam rangka membangun dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Selasa, menyatakan pembangunan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat menjadi prioritas yang diselenggarakan pemerintah daerah.

"Maka Germas menjadi satu upaya pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah secara masif," kata dia.

Ia mengatakan saat ini Germas terus digencarkan oleh pemerintah dengan melibatkan pemerintah kecamatan dan desa, serta organisasi perangkat daerah terkait dan mitra pemerintah.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran pelaksanaan Germas, yakni Kecamatan Dolo Selatan yang dipusatkan di Puskesmas Baluase.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam memastikan masyarakat Sigi selalu melaksanakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Germas merupakan gerakan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

"Sehingga melalui gerakan ini diharapkan terbangun budaya masyarakat hidup sehat. Karena kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan," ujarnya.

Program ini memiliki beberapa fokus, seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan permukiman yang layak huni.

Ketiganya, kata dia, merupakan infrastruktur dasar yang menjadi fondasi Germas.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Sigi sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap pentingnya hidup sehat," katanya.