Jokowi resmikan enam jembatan baru di lintas utara Jawa

id presiden joko widodo,jokowi,jembatan di lintas utara jawa,jembatan callendar hamilton

Jokowi resmikan enam jembatan baru di lintas utara Jawa

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara peresmian di Jembatan Pemali, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Rabu (3/1/2024). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam jembatan yang menggantikan jembatan callendar hamilton (CH) di lintas utara Jawa.

Menurut Presiden, ketika menyampaikan sambutan peresmian di Jembatan Pemali, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,  Rabu, jembatan-jembatan baru perlu dibangun karena jembatan sebelumnya telah melebihi usia layanannya.

“Setelah kemarin di lintas selatan kita resmikan tiga jembatan sebagai pengganti tiga jembatan callendar hamilton, pada sore hari ini juga di lintas utara kita resmikan enam jembatan sebagai pengganti jembatan callendar hamilton yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya,” ujar dia seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Presiden Jokowi kemudian menjelaskan bahwa penggantian tersebut juga dikarenakan jembatan sebelumnya dinilai sudah tidak layak pakai.

Selain itu, beban yang melintasi jembatan-jembatan tersebut juga makin bertambah sehingga diperlukan penggantinya.

“Perlu pengganti yang baru sehingga bebannya menjadi lebih baik dan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik itu bisa berjalan dengan cepat di atasnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara menyebut biaya yang digunakan dalam pembangunan keenam jembatan tersebut yakni senilai Rp292 miliar dan total investasi Rp705 miliar.

Enam jembatan yang diresmikan oleh Presiden pada kesempatan tersebut adalah Jembatan Pemali Brebes B dan Jembatan Pedes B yang masing-masing berada di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto IIA di Kabupaten Demak, Jembatan Juana IA di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Turut mendampingi Presiden selama kunjungan kerjanya di Brebes antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanyo, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar.