Pemkab-Sigi minta umat beragama jaga kerukunan di tahun Pemilu

id Pemkab Sigi,Natal Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Kerukunan beragama

Pemkab-Sigi minta umat beragama jaga kerukunan di tahun Pemilu

Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, meminta umat beragama di daerah itu agar menjaga kerukunan umat dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kerukunan menjadi fondasi dasar yang harus dijaga bersama - sama," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Sabtu.

Mohamad Irwan menyampaikan sambutan pada acara Natal tingkat kabupaten bersama masyarakat yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sigi di Kecamatan Palolo.

Dalam acara itu, Bupati meminta umat beragama agar tetap solid, jangan tercerai berai, hanya karena perbedaan sikap politik.

"Perbedaan sikap politik jangan sampai berdampak pada menurunnya kualitas kerukunan umat beragama," ujarnya.

Ia meminta kepada umat beragama agar saling tolong menolong dan bekerja sama, mencegah politisasi SARA atau politisasi agama dan identitas dalam Pemilu 2024 sebab politik identitas berbasis SARA merupakan tindakan mencederai SARA, yang berdampak pada runtuhnya kerukunan masyarakat.

"Oleh karena itu, penting sekali menjaga kerukunan antar-umat beragama dan saling membantu dalam membangun Kabupaten Sigi yang harmonis," imbuhnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi berkomitmen untuk terus mendorong kerukunan antar-umat beragama dan menjaga kebebasan beragama yang merupakan salah satu nilai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Keberagaman di Kabupaten Sigi dijadikan sebagai kekuatan untuk memajukan daerah dan mencapai kesejahteraan bersama," ujarnya.

"Acara perayaan Natal Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi ini juga menjadi momen penting untuk mempererat hubungan antara pemerintah daerah dengan masyarakat," katanya.