Pemprov Sulteng dan Pemkab Sigi membangun gudang pangan

id Pemkabsigi, Pemprov Sulteng, pangan, gudang pangan, ketahanan pangan, Sulawesi Tengah ,Iskandar Nongtji

Pemprov Sulteng dan Pemkab Sigi membangun gudang pangan

Arsip - Kepala Dinas Pangan Sulteng Iskandar Nongtji (tengah) bersama tim menuju lahan tempat pembangunan gudang pangan di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. ANTARA/HO-Dinas Pangan Sulteng

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Sigi bersinergi membangun gudang pangan di Sigi untuk menopang ketahanan pangan daerah.

 

Kepala Dinas Pangan Sulteng Iskandar Nongtji di Palu, Jumat, mengemukakan pembangunan itu segera diwujudkan agar Sulteng memiliki gudang pangan yang memadai.

 

"Insya Allah jika tidak ada halangan, pembangunan dimulai tahun ini," kata dia.

 

Ia mengemukakan, pembangunan gudang pangan telah disampaikan kepada Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan sudah mendapat persetujuan. Dari persetujuan tersebut, selanjutnya Pemprov Sulteng bersinergi dengan Pemkab Sigi demi percepatan pembangunan gudang pangan itu.

 

"Pemkab Sigi menghibahkan lahan seluas 3 hektare untuk pembangunan gudang. Kami mengapresiasi langkah Bupati Sigi Mohamad Irwan yang telah merespons dengan cepat," ucap Iskandar.

 

Lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Sigi terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru. Kepala Dinas Pangan Sulteng mengakui bahwa ia bersama timnya telah meninjau lahan tersebut dan memasang patok batas.

 

"Ini merupakan wujud kontribusi Pemkab Sigi dalam pembangunan sarana yang difasilitasi oleh Pemprov Sulteng dalam menyediakan sarana penyimpanan cadangan pangan," tuturnya.

 

Ia menambahkan, gudang yang dibangun salah satu fungsinya untuk memudahkan pemerintah menghadapi keadaan darurat, misalnya jika terjadinya kerawanan pangan atau bencana alam maupun bencana sosial yang membutuhkan tempat representatif dan memenuhi standar untuk menyimpan bahan pangan berupa kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak kelapa dan lain-lain.