Floorball akan masuk dalam kalender ekshibisi PON 2024

id Floorball Indonesia,PP AFI,PON 2024,Pekan Olahraga Nasional 2024

Floorball akan masuk dalam kalender ekshibisi PON 2024

Ketua Umum PP AFI Ganefri dalam pelantikan Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (PP AFI) periode 2023-2027 yang berlangsung di Gedung KONI Pusat, Jakarta, Senin (12/2/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga floorball akan masuk dalam kalender ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Menuju perhelatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (PP AFI) Ganefri berharap floorball nantinya dapat dipertandingkan di PON 2028.

"Tentu harapannya bahwa olahraga floorball ini nanti akan bisa dipertandingkan di PON, tentu melalui ekshibisi nanti akan kami tunjukkan dari seluruh pemprov prestasinya, kami yakin kalau floorball bisa menunjukkan prestasinya di tingkat nasional," kata Ganefri usai pelantikan pengurus PP AFI yang berlangsung di Jakarta, Senin.

Ganefri menguraikan olahraga floorball menjadi cabang olahraga yang begitu digemari oleh kalangan remaja pada umumnya, oleh sebab itu melalui satuan pendidikan diharapkan ke depannya dapat menjadi wadah bagi para penggiat floorball.

"Tentu ini tantangannya adalah (memperoleh) prestasi dan bagaimana olahraga ini bisa menjadi kebutuhan oleh masyarakat itu yang kami targetkan ke depan ini," ujar Ganefri.

Floorball merupakan cabang olahraga yang tergolong baru berkembang di Indonesia. Cabang ini sangat terkenal di beberapa negara di Eropa seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss.

Olahraga floorball masuk ke Indonesia melalui negara tetangga yang sudah mengenal floorball lebih dahulu seperti Singapura dan Australia. Induk cabang olahraga floorball di Indonesia adalah AFI yang terbentuk pada tahun 2009, dan langsung diterima sebagai anggota sementara federasi internasionalnya (IFF) di tahun yang sama.

"Besar harapan saya, permasalahan floorbal ini menjadi salah satu prioritas dari kepengurusan ini dan nanti pada Pekan Olahraga Nasional ke-21 2024 Aceh-Sumatera Utara, floorball ini menjadi salah satu cabang olahraga yang akan ikut ekshibisi sehingga pada PON berikutnya pada 2028, floorball sudah bisa menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Rencananya sebelum memasuki Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara, PP AFI akan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Floorball di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang .