Pemkab Sigi prioritaskan pelayanan kesehatan ke masyarakat terpencil

id Pemkab sigi,Samuel Yansen Pongi ,Pendidikan,Kesehatan ,Sigi masagena,Wabup sigi, kartu Sigi Masagena,Kesehatan,Stunting

Pemkab Sigi prioritaskan pelayanan kesehatan ke masyarakat terpencil

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (kemeja merah) saat mengunjungi anak-anak di Desa Wugaga Kecamatan Marawola Barat. ANTARA/HO-HUMAS PEMKAB SIGI.

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah terus mengupayakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di dusun terpencil, yakni Dusun Walabanto Desa Wugaga, dan Dusun Lindo Desa Wawujai Kecamatan Marawola Barat.

"Kunjungan ini untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di Marawola Barat terkait sarana dan prasarana sosial, juga pelayanan kesehatan akan selalu menjadi prioritas utama dalam program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Kamis.
 
Dia menjelaskan, dalam kunjungannya itu diikuti beberapa aparat dinas teknis yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, yakni Dinas Pendidikan, PUPR, Kesehatan, dan juga Dinas Sosial, sehingga keluhan masyarakat setempat dapat segera diperbaiki.
 
"Prioritas kami selain kesehatan juga pendidikan, karena itu penting untuk didapatkan masyarakat serta pembangunan akses jalan menuju lokasi maupun wilayah terpencil," katanya.
 
Karena itu, pemerintah terus mengawasi pembangunan infrastruktur jalan menuju Marawola Barat, sehingga memudahkan masyarakat untuk beraktifitas sehari-hari.
 
"Pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi akses jalan utama di wilayah Marawola Barat sebagai penghubung antara beberapa desa di wilayah Kecamatan Marawola Barat, sehingga masyarakat yang membawa hasil perkebunan untuk dijual ke pasar menjadi lebih mudah," katanya.
 
Berdasarkan data Pemkab Sigi, selama tahun 2022 sudah merealisasikan sebanyak 11.420 kartu Sigi Masagena dari targetnya 15 ribu keluarga masyarakat miskin yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Kartu Sigi Masagena adalah program unggulan pemerintah daerah (pemda) yang diperuntukkan sebagai identitas bagi masyarakat miskin untuk mengakses layanan kesehatan.
 
Pemerintah Kabupaten Sigi membuat kebijakan untuk memberikan layanan kesehatan gratis yang dibiayai langsung lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sigi.