Pemkab Parigi Moutong siapkan 200 lansia ikut operasi katarak

id Katarak, operasi katarak, layanan sosial, dinsosparimo, Rio Trinugraha, lansia, RS Anuntaloko, pemkabparimo, Sulawesi Te

Pemkab Parigi Moutong siapkan 200 lansia ikut operasi katarak

Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau operasi katarak digelar di Rumah Sakit Katolik Marianum Halilulik, Kabupaten Belu, NTT, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Devi Nindy)

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyiapkan 200 warga lanjut usia (lansia) ikut operasi katarak untuk menindaklanjuti arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini saat berkunjung ke daerah itu, Selasa (5/3).


 


"Operasi katarak bagian dari layanan sosial kepada kelompok rentan (lansia) supaya mereka tidak terbebani dengan penyakit diderita," kata Sekretaris Dinas Sosial Parigi Moutong Rio Trinugraha di Parigi, Jumat.


 


Dalam kunjungan Mensos Risma ke daerah itu, beberapa waktu lalu, katanya, lansia menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat yang mana berdasarkan data Kementerian Sosial sebagian besar lansia yang ditangani pihaknya mengalami masalah penglihatan berupa katarak.


 


Oleh karena itu, katanya, Mensos Risma menginstruksikan Dinas Sosial melakukan melakukan pengobatan kepada lansia yang mengalami gangguan mata supaya mereka bisa beraktivitas seperti sediakala.


 


"Sesuai instruksi Mensos operasi katarak dijadwalkan pada 9-10 Maret 2024 bertempat di Rumah Sakit (RS) Anuntaloko Parigi," ucapnya.


 


Ia mengemukakan saat ini pekerja sosial sedang melakukan pendampingan terhadap lansia untuk pemeriksaan kesehatan di masing-masing puskesmas yang tersebar di 23 kecamatan di Parigi Moutong.


 


Berdasarkan hasil pemeriksaan mereka di puskesmas yang dinyatakan memenuhi syarat kesehatan, katanya, selanjutnya dilakukan pemeriksaan di RS Anuntaloko sehari sebelum operasi dilakukan.


 


"Hari ini dilakukan pemeriksaan lanjutan mulai dari tekanan darah hingga penyakit komorbid. Tugas Dinsos adalah menyiapkan data-data peserta, kalaupun ada lansia yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) ikut operasi katarak, maka perlu dibuatkan surat keterangan dari desa asal," kata Rio.


 


Hasil rapat koordinasi lintas sektor di lingkungan Pemkab Parigi Moutong terkait dengan operasi katarak pada Rabu (6/3), tim media RS Anuntaloko telah disiapkan, sedangkan Dinas Sosial setempat telah menyiapkan tempat transit bagi lansia yang jauh dari ibu kota kabupaten itu.


 


"Segala sesuatunya telah disiapkan, kami berharap melalui kegiatan operasi katarak dapat mengurangi beban masyarakat dari aspek sosial ekonomi," kata dia.