Dinkes-Sigi: Pelayanan kesehatan tetap buka selama libur Lebaran 2024

id Dinkes Sigi ,Kabupaten Sigi ,Sulteng,Pelayanan kesehatan ,Idul Fitri 2024

Dinkes-Sigi: Pelayanan kesehatan tetap buka selama libur Lebaran 2024

Para petugas kesehatan (kanan) bersama Tim Operasi Ketupat Tinombala 2024 di Pos Pelayanan di kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. (ANTARA/HO-Dinkes Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), memastikan pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit di kabupaten itu tetap buka selama masa libur Lebaran 2024.
 
"Kami tetap melayani bahkan puskesmas membuat posko pengamanan lebaran bersama-sama dengan petugas keamanan pada Operasi Ketupat Tinombala 2024," kata Kepala Dinas Kesehatan Sigi dr. Sofyan Mailili, di Sigi, Minggu.
 
Selain itu, pihaknya juga menurunkan tim Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Sigi untuk bertugas mengantisipasi terjadinya keadaan darurat dan bencana alam selama masa libur lebaran tersebut.
 
"Kami siapkan PSC 119 untuk antisipasi keadaan darurat dan bencana, sehingga mereka akan bergerak mobile ketika terjadi hal darurat. Tim PSC ini siaga di pos pelayanan di Kalukubula," ucapnya.

Menurut Sofyan, pelayanan kesehatan di puskesmas tetap berjalan normal selama libur lebaran dengan menerapkan sistem shift jaga para petugas kesehatan.
 
"Jam pelayanan sama dengan biasa, tetapi mereka dalam bentuk shift jaga," ujarnya.
 
Sofyan menambahkan bahwa untuk layanan rawat jalan di Rumah Sakit Torabelo Sigi tetap buka dan melayani, namun sebatas di Unit Gawat Darurat (UGD).
 
"Layanan rawat jalan di rumah sakit tetap kami buka. Jadi kalau rawat jalan dilayani di UGD rumah sakit," tutur Sofyan.
 
Petugas kesehatan di masing-masing puskesmas di Kabupaten Sigi masuk dalam Operasi Ketupat Tinombala 2024 selama 13 hari, yakni pada 4-16 April 2024.
 
Petugas kesehatan di pos pelayanan dan pos pengamanan membuka fasilitas pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat dan pemudik sehingga memberikan kesempatan untuk beristirahat saat mengalami kelelahan.