Pemkab Sigi salurkan bantuan pangan tangani stunting di Kecamatan Dolo Selatan

id Pemkab-Sigi ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Stunting

Pemkab Sigi salurkan bantuan pangan tangani stunting di Kecamatan Dolo Selatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Disperindag saat menyalurkan bantuan pangan untuk pencegahan stunting di Desa Poi dan Wisolo Kecamatan Dolo Selatan. (ANTARA/ HO-HUMAS PEMKAB SIGI)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyalurkan bantuan pangan sebagai bentuk pencegahan stunting di Kecamatan Dolo Selatan.
 
"Penyaluran bantuan ini merupakan tindak lanjut dari upaya percepatan penurunan angka stunting di Kecamatan Dolo Selatan, khususnya di Desa Poi dan Wisolo," kata Kepala Disperindag Sigi Agus Munandar di Sigi, Senin.
 
Dia mengemukakan pemberian bantuan pangan itu sesuai dengan Keputusan Gubernur Sulteng Nomor 400.9.14/24/BAPPEDA-G.ST/2024 tentang Lokasi Sasaran dan Orang Tua Asuh Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah Tahun 2024 di Kabupaten Sigi.
 
"Jadi Disperindag Sulteng dan Disperindag Sigi diberikan tanggung jawab untuk melakukan pendampingan pada dua desa di Dolo Selatan untuk penanganan stunting, " ucapnya.
 
Agus menambahkan penanganan stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan, namun juga menjadi tanggung jawab bersama, utamanya peran pemerintah.
 
"Bantuan yang diberikan yakni susu untuk ibu hamil serta susu dan vitamin untuk balita. Dengan bantuan pangan ini diharapkan dapat membantu menekan angka stunting di Kabupaten Sigi, khususnya di Desa Poi dan Desa Wisolo, Kecamatan Dolo Selatan," ujar Agus Munandar. 
 
 
Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023, Kabupaten Sigi masih menjadi wilayah di Sulteng dengan angka stunting masih tinggi yakni 36,8 persen.
 
 
 
Sementara prevalensi stunting di Sulawesi Tengah masih di angka 28,2 persen.