Sigi tingkatkan pengembangan produksi hewan ternak

id Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Pertanian,Peternakan

Sigi tingkatkan pengembangan produksi hewan ternak

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta (kiri) saat menemui Direktorat Jenderal Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian untuk meningkatkan pengembangan produksi hewan ternak dan varietas bibit unggul perkebunan. ANTARA/HO-HUMAS PEMKAB Sigi

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), meningkatkan pengembangan produksi hewan ternak dan varietas bibit unggul perkebunan di wilayah itu.
 
 
"Kami menyampaikan beberapa usulan terkait pengelolaan dan pengembangan produksi hewan ternak di Kabupaten Sigi yaitu sapi, babi, kambing, dan hewan ternak jenis unggas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang bekerja sebagai peternak," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta usai mengunjungi Direktorat Jenderal Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian, Selasa.
 
 
 
Dia menuturkan pihaknya juga melakukan pengembangan beberapa varietas bibit unggul perkebunan di Kabupaten Sigi yaitu durian, kakao dan kopi.
 
 
"Pengembangan produksi hewan ternak dan bibit unggul perkebunan ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Sigi yaitu berdaya saing berbasis Agribisnis," ucapnya.
 
 
Menurut dia, Kementerian Pertanian mendukung upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk peningkatan mutu pertanian dan peternakan di kabupaten Sigi.
 
 
"Harapannya dengan pengembangan produksi itu memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat baik untuk petani maupun peternak," ujar dia.
 
 
Dia mengemukakan kerja sama untuk meningkatkan produksi pertanian dan peternakan tak hanya dilakukan pemerintah daerah, melainkan perlunya campur tangan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
 
 
"Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perbibitan dan Produksi Ternak mendukung upaya pemerintah Kabupaten Sigi dalam peningkatan dan pengembangan hasil pertanian dan perkebunan di kabupaten itu,"tuturnya.
 
 
Pemkab Sigi, kata Irwan, senantiasa mendukung semua kegiatan Kementerian Pertanian yang dipusatkan di kabupaten Sigi.
 
 
"Pemerintah daerah selayaknya berkontribusi dan mendukung program-program Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di daerah khususnya Kabupaten Sigi," ujar dia.
 
 
Dalam pertemuan itu Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sigi, Kadis Pangan Sigi dan Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Sigi.