IRT di Sigi dilatih menjahit tingkatkan kapasitas usaha mikro

id Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,UKM,Koperasi

IRT di Sigi dilatih menjahit tingkatkan kapasitas usaha mikro

Dinas Koperasi dan UKM Sigi saat pembukaan Kegiatan pelatihan vocational menjahit DAK Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK). (ANTARA/Ho-Dinas Koperasi Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), melatih ibu rumah tangga (IRT) kejuruan menjahit untuk meningkatkan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil di wilayah itu.
 


"Program pelatihan ini bertujuan menopang ekonomi keluarga dengan sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE)," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sigi Rolly, Sabtu.

 

Dia mengemukakan program itu melibatkan ibu-ibu dari tiga kecamatan di Kabupaten Sigi, yaitu Sigi Biromaru, Sigi Kota dan Tanambulava.

 

"Peserta pelatihan ini sebanyak 25 orang yang masuk kategori percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sigi, " ucapnya.

 

Diharapkan dari pelatihan itu dapat memberikan peluang terbentuknya usaha baru bagi ibu-ibu yang berstatus sebagai kepala keluarga di Kabupaten Sigi.

 

"Fokusnya soft skill ibu-ibu rumah tangga ini dapat meningkat dan bisa menjadi calon wirausaha pemula," ujar dia.

 

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Sigi, total usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebanyak 30.566.

 

Untuk usaha mikro sebanyak 22.862 dan usaha kecil 7.395, sedangkan usaha menengah sebanyak 290.

 

Jenis usaha di Kabupaten Sigi terdiri dari 6 kategori yaitu usaha dagang, usaha jasa, peternakan/perikanan, pertanian/perkebunan, industri rumah tangga dan industri kecil menengah.*