Pemkab Sigi jadikan Dzikir Akbar eratkan silaturahim

id Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Dzikir Akbar ,Sigi Religi

Pemkab Sigi jadikan Dzikir Akbar eratkan silaturahim

Dzikir Akbar di Kabupaten Sigi yang digelar Pemerintah Kabupaten Sigi yang merupakan program Sigi Religi. (ANTARA/HO-Pemkab Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, menjadikan Dzikir Akbar sebagai program rutin untuk mempererat silaturahim sesama warga di kabupaten itu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antarwarga serta memperkuat ukhuwah di berbagai aspek kehidupan," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta di Sigi, Minggu.
 
Dia mengemukakan program Dzikir Akbar kali ini guna merajut silaturahim dan mengokohkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah serta Ukhuwah Basyariyah.
 
"Harapannya dari kegiatan Dzikir Akbar ini memberikan pencerahan batin dan semangat serta motivasi dalam memantapkan kebersamaan antarmasyarakat dan pemerintah, "ucapnya.
 
Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Sigi setiap tahunnya senantiasa mengagendakan program serupa karena sudah masuk dalam peraturan daerah di kabupaten itu.
 
"Intinya Dzikir Akbar ini memberikan kita spirit kebersamaan dan mensinergikan peran masing-masing, Insya Allah harapan kita bersama untuk membangun Kabupaten Sigi dapat terlaksana," ujar dia.
 
Dia menuturkan program Dzikir Akbar merupakan tanda antarmasyarakat dan tokoh agama serta pemerintah bersama-sama membangun daerah ke arah yang lebih baik.
 
"Kegiatan Dzikir Akbar ini menjadi momentum penting dalam mempererat tali silaturahim dan kebersamaan masyarakat Sigi, serta memperkuat komitmen bersama dalam membangun daerah yang lebih baik," tuturnya.
 
Sebelumnya "Sigi Religi" sudah ditetapkan menjadi peraturan daerah, sehingga masing-masing umat beragama menjalankan Sigi Beribadah untuk umat Kristiani dan Sigi Berzikir untuk umat Islam.
 
"Sigi Religi tentunya dapat menjadi perekat kemajemukan dan keberagaman kultur serta kepercayaan masyarakat Sigi yang dapat menopang peningkatan kualitas ketentraman dan kedamaian umat beragama," kata dia.
 
Kegiatan Dzikir Akbar itu dipimpin oleh Habib Sholeh (Habib Rotan) dan ceramah agama diisi Ketua MUI Sigi Habib Ali Hasan Al-Aljufri.