Pemkab Sigi berikan bantuan operasional penyuluh pertanian

id Sulawesi Tengah,Kabupaten Sigi,Tanaman Pangan,Bupati Sigi,Penyuluh Pertanian

Pemkab Sigi berikan bantuan operasional penyuluh pertanian

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal. ANTARA/Moh Salam

Sigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), memberikan bantuan operasional untuk penyuluh pertanian setempat sebagai salah satu upaya meningkatkan usaha pertanian di Sigi.

"Saat ini ada alokasi dana operasional sebesar Rp1 juta untuk setiap penyuluh," Kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultur dan Perkebunan Sigi Rahmat Iqbal, Minggu.

Dia mengemukakan dengan bantuan dana operasional diharapkan kinerja seluruh penyuluh pertanian semakin maksimal untuk mengedukasi petani.

"Inilah yang diharapkan oleh teman-teman penyuluh untuk bantuan operasional dan Alhamdulillah Bupati Sigi mengatakan ada alokasi biaya untuk operasional penyuluh pertanian," ujarnya.

Kata dia, bantuan operasional sebesar Rp1 juta per orang berbeda dari honor dan gaji bagi petugas penyuluh pertanian.

"Ini bukan honor tapi dana operasional untuk perjalanan mereka, jadi untuk honorer ada honornya, kalau ASN gaji," ucap dia.

Dia menuturkan saat ini telah difasilitasi biaya operasional sebesar Rp1 jt per penyuluh sesuai arahan Bupati Sigi, dengan harapan kinerja penyuluh semakin meningkat terutama dalam meningkatkan usaha pertanian.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Sigi terdapat sebanyak 214 penyuluh pertanian yang tersebar di 176 desa di wilayah itu.