Pemkab-Buol tingkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan

id Sulawesi Tengah,Kabupaten Buol,Kependudukan,Disdukcapil

Pemkab-Buol tingkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan

Asisten Administrasi Umum Kabupaten Buol Lani Irawati (dua kiri) saat membuka bimbingan teknis pelayanan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan Kabupaten Buol tahun 2024. ANTARA/HO - Diskominfo Buol

Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan untuk tercapainya data yang akurat.

"Bimtek (bimbingan teknis) yang dilaksanakan fokus pada pelayanan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Kabupaten Buol," kata Asisten Administrasi Umum Kabupaten Buol Lani Irawati saat kegiatan bimtek pelayanan administrasi kependudukan di Buol, Minggu.

Dia menuturkan peserta dari berbagai satuan kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Buol dengan harapannya ada data akurat dan pelayanan yang cepat sera efisien.

"Dengan adanya bimtek ini diharapkan seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam kegiatan sehari-hari di instansi masing-masing," ucapnya.

Ia menekankan perlu ada inovasi terbaru dalam pelayanan kependudukan dan teknik pengelolaan data kependudukan.

"Penting juga integrasi data antar-instansi untuk meningkatkan efektivitas pelayanan publik kepada masyarakat," ujar Lani Irawati.

Menurutnya, masing-masing perangkat daerah harus memahami terkait tantangan dan solusi dalam pelaksanaan administrasi kependudukan, khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

"Harapannya bimtek ini meningkatkan kapabilitas petugas administrasi kependudukan di Kabupaten Buol, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan dari segi kualitas maupun kecepatan," kata Lani Irawati.

Pemkab Buol, kata dia, berkomitmen untuk berinovasi dan memberikan pelayanan kependudukan bagi masyarakat di wilayah itu.

"Dengan dukungan penuh dari pemerintah pusat dan daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buol berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tuturnya.