Bupati Morut canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

id Morut

Bupati Morut canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Morut Delis J. Hehi dan Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi Hongkiriwang, dihadiri para pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Morut, jajaran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Morut serta tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan adat serta pimpinan perusahaan. ANTARA/HO-MCDD

Malino, Sulteng (ANTARA) - Ratusan warga masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Petasia Timur, hadir memeriahkan berbagai acara yang dilaksanakan dalam pencanangan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Molino, Kecamatan Petasia Timur, Kamis.

Kampanye perdana Germas ini dicanangkan Bupati Morut Delis J. Hehi dan Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi Hongkiriwang, dihadiri para pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Morut, jajaran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Morut serta tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan adat serta pimpinan perusahaan.

Menurut Bupati Delis J. Hehi, kampanye Germas dimulai di Kecamatan Petasia Timur dan akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan di 10 kecamatan lainnya se-Morut.

"Tujuannya adalah menjaga agar masyarakat tetap sehat guna menghasilkan generasi yang sehat dan berdaya saing, sebagai salah satu wujud dari visi Pemkab Morut yakni menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera (SCS)," ujar Delis, dokter lulusan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tersebut.

Dalam kampanye Germas ini, katanya, ada lima hal yang akan dilaksanakan agar masyarakat tetap hidup sehat yakni berilahraga, menjaga pola makan, menjaga lingkungan agar tetap bersih, membuat jambat yang sehat serta memeriksaan kesehatan secara teratur.

Kampanye perdana Germas di Molino ini diawali dengan senam bersana yang mendatangkan instruktur Riska Spyer, dilanjutkan sosialisasi hidup sehat serta pemberian makanan tambahan kepada anak-anak yang berpotensi stunting.

Dalam bidang pemeriksaan kesehatan, kampanye ini mengerahkan sejumlah dokter spesialis dan dokter ahli untuk melayani masyarakat lewat program dokter spesialis masuk desa (Pro-Delis), bekerja sama dengan IDI Morut.

Ratusan warga datang memeriksakan kesehatan kepada para dokter spesialis dan dokter umum serta tenaga paramedis yang dikerahkan untuk kegiatan pelayanan kesehatan serta keluarga berencana.

Beberapa tokoh masyarakat Petasia Timur yang dihubungi di lokasi kegiatan memberikan apresiasi kepada Bupati Morut yang menggelar kampanye germas. Ini merupakan bukti kepedulian serta komitmen Pemda Morut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.