KPU Kabupaten Sigi buka ruang tanggapan masyarakat untuk penyusunan DPT

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,KPU Sigi ,Pantarlih ,Komisi Pemilihan Umum

KPU Kabupaten Sigi buka ruang tanggapan masyarakat untuk penyusunan DPT

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di rumah Ketua Bawaslu Sigi. ANTARA/HO - KPU Sigi

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), membuka ruang kepada masyarakat di wilayah itu untuk memberikan tanggapan dan masukan kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 terkait penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Adapun saat ini masih dalam proses tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) mulai tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024.
 
"Kalau untuk mitigasi sekarang ini masih tahap pencocokan dan penelitian (coklit), selanjutnya panitia pemungutan suara (PPS) nanti akan melakukan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS)," kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sigi Rosnawati, Selasa.
 
Ia mengemukakan setelah proses coklit dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil pencocokan dan penelitian untuk disusun menjadi daftar pemilih sementara.
 
"Tentunya tanggapan masyarakat tetap dibuka sampai dengan sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), jika ada yang belum dicoklit segera laporkan ke KPU Sigi, " ucapnya.
 
Kata dia, masyarakat diharapkan dapat memberikan laporan dan tanggapan pada setiap tahapan pilkada.
 
"Harapannya dengan ada tanggapan masyarakat terhadap DPS, dapat menjadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkualitas kedepannya," sebutnya.
 
Hingga saat ini penyelenggara badan ad hoc sudah menyelesaikan 66 TPS dicoklit baik secara manual dan e-coklit, serta satu kecamatan di Sigi sudah selesai 100 persen coklit yaitu Tanambulava.
 
"Saya mengimbau teman-teman di PPK dan PPS untuk lebih memaksimalkan supervisinya terhadap hasil coklit, agar mengecek kembali apakah ada pemilih baru yang tidak masuk dalam daftar pemilih potensial yang akan disusun menjadi DPS," ujarnya.
 
Rosnawati menyebutkan koordinasi antara PPS dan PPK untuk penyusunan daftar pemilih sementara lebih masif usai coklit tanggal 24 Juli 2024.
 
"Sejauh ini PPS sudah mulai meramu untuk menyusun DPS dan kami senantiasa mengarahkan agar melakukan koordinasi hasil coklit sehingga mendapatkan lebih awal tanggapan masyarakat jika ada masyarakat belum tercoklit," tuturnya
 
Sebelumnya diketahui data pemilih yang di coklit untuk Pilkada 2024 sebanyak 190.868 dengan jumlah kepala keluarga (KK) yang terdaftar 89.512.
 
Jumlah petugas pemutakhiran data pemilih di Sigi sebanyak 751 orang.