Ahmad Ali ingin optimalkan potensi pertanian dan hasil laut di Touna

id Ahmad Ali,Touna,pertanian

Ahmad Ali ingin optimalkan potensi pertanian dan hasil laut di Touna

Ahmad Ali foto bersama masyarakat dalam panggung rakyat bertajuk Konser Beramal di Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una, Selasa (9/7) malam. ANTARA/HO (Dokumentasi Ahmad Ali,)

Tojo Una-Una (ANTARA) - Anggota DPR RI Ahmad Ali ingin memaksimalkan potensi pertanian dan hasil laut di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah.



"Banyak persoalan yang harus diselesaikan dari hulu sampai ke hilir, termasuk memaksimalkan potensi pertanian dan hasil laut untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tojo Una-Una," kata Ahmad Ali dalam panggung rakyat bertajuk Konser Beramal di Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una, Selasa (9/7) malam.



Dia mengatakan, pemerintah harus mengatasi sulitnya masyarakat untuk mengakses bantuan pemerintah, termasuk soal pupuk.



"Tidak boleh lagi tengkulak yang memainkan harga pasar," ucapnya.



Selain menyoroti pertanian dan kelautan di Tojo Una-Una, Bakal calon gubernur Sulteng itu menilai SDM di Sulteng bisa lebih baik lewat aksesibilitas pendidikan yang terjangkau dari tiga aspek, yakni terjangkau oleh jarak, terjangkau oleh biaya dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.



"Kita harus meningkatkan kualitas pengajarannya, kualitas sumber daya gurunya, kualitas fasilitas dan infrastruktur pendukung yang memadai," jelas Ahmad Ali.



Selain itu, dia juga menyoroti soal akses pelayanan kesehatan yang seharusnya bisa dinikmati dan dirasakan semua kalangan masyarakat.



"Banyak hal yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tojo Una-Una, bukan hanya melalui hasil pertanian dan laut," sebutnya.



Hal lain yang disampaikan Ahmad Ali adalah soal potensi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk mempromosikan objek-objek wisata.



"Kami berkomitmen ingin menjadikan Sulteng sebagai tujuan destinasi, baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara," tutup Ahmad Ali.