Pemkab Buol tingkatkan kualitas SDM untuk pelaku UMKM

id Kabupaten Buol ,Sulawesi Tengah ,UMKM ,Sumber daya manusia

Pemkab Buol tingkatkan kualitas SDM untuk pelaku UMKM

Pj Sekretaris Kabupaten Buol Usman saat membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-Diskominfo Buol

Buol, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah itu melalui pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
 


Adapun pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan itu berjumlah 30 orang selama empat hari yaitu tanggal 16 sampai 19 Juli 2024.

 

"Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku usaha dalam hal pengolahan, pemasaran, permodalan, dan teknologi para pelaku UMKM di Buol, " kata Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten Buol Usman di Buol, Rabu.

 

Ia mengatakan instruktur dan pengajar yang terlibat merupakan praktisi berpengalaman sesuai dengan bidang pelatihan masing-masing.

 

"Pelatihan kewirausahaan ini didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) anggaran 2024," ucapnya.

 

Kata dia, pelatihan kewirausahaan ini dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Kabupaten Buol sehingga generasi muda di daerah itu bisa menciptakan lapangan kerja baru.

 

Menurutnya, peluang untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat terbatas, sehingga banyak lulusan yang harus mencari alternatif lain untuk bekerja seperti berwirausaha.

 

"Memilih berprofesi sebagai wirausaha atau menciptakan pekerjaan sendiri merupakan langkah yang tepat sehingga usaha yang berkembang akan mampu menampung tenaga kerja sesuai dengan jenis dan skala usaha,"ujarnya.

 

Ia menuturkan pentingnya inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha yaitu usaha kuliner yang memerlukan daya tarik yang berbeda untuk menarik pelanggan.

 

"Kita harus selalu melakukan inovasi dan perubahan sesuai dengan tuntutan pasar, membaca keinginan masyarakat adalah kunci keberhasilan," sebutnya.

 

Ia mengajak masyarakat dalam berwirausaha untuk memanfaatkan teknologi dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar.

 

"Di era digital ini pemasaran tidak lagi harus dilakukan secara langsung melainkan bisa memanfaatkan platform online seperti Shopee dan lainnya," tuturnya.

 

Usman berharap peserta pelatihan kewirausahaan tersebut dapat mengembangkan usahanya dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Kabupaten Buol.

 

"Harapannya para pelaku UMKM di Kabupaten Buol dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya sehingga mampu bersaing dan berkembang lebih baik di masa depan," ujarnya.