Sigi tingkatkan penguatan keamanan cegah serangan siber

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Diskominfo ,Perangkat Daerah

Sigi tingkatkan penguatan keamanan cegah serangan siber

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi saat rapat koordinasi untuk meningkatkan keamanan untuk mencegah serangan siber dalam pengelolaan data pemerintah daerah. (ANTARA/HO-Diskominfo Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan keamanan untuk mencegah serangan siber dalam pengelolaan data pemerintah daerah.
"Peretasan yang terjadi pada Pusat Data Nasional Kemenkominfo menjadi peringatan bagi kita semua untuk lebih waspada dan meningkatkan sistem keamanan siber di masing-masing perangkat daerah," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mohamad Riyadh saat rakor pengelolaan website perangkat daerah di Sigi, Kamis.

 

Ia mengemukakan pentingnya semua pihak memperhatikan keamanan siber dalam pengelolaan data pemerintah daerah di Kabupaten Sigi.

 

"Kami melakukan audit menyeluruh terhadap sistem keamanan website perangkat daerah dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan ketahanan siber," ucapnya.

 

Sementara itu kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sigi Samsir menuturkan agar seluruh perangkat daerah termasuk pemerintah kecamatan memahami terkait jaringan.

 

Organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemerintah kecamatan penting mengikuti dan mengetahui pelatihan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi.

 

"Tentu selain bidang teknologi juga kemampuan dan kewaspadaan para pengelola website di setiap perangkat daerah harus diperkuat, salah satunya rutin melakukan pelatihan dan pembaruan pengetahuan," ujarnya.

 

Ia berharap rapat koordinasi itu memberikan masukan kepada setiap perangkat daerah untuk mengambil langkah konkret dalam meningkatkan keamanan siber dan menjaga integritas data pemerintah daerah.

 

"Pemerintah daerah senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber dan memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa gangguan dari ancaman peretasan," tuturnya.*