Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Kauria Sigi sudah beroperasi

id Sulawesi Tengah ,Rumah Sakit Kauria ,Kulawi,Kabupaten Sigi ,Kesehatan

Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Kauria Sigi sudah beroperasi

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta didampingi Wabup dan Ketua DPRD Sigi saat meresmikan Rumah Sakit Kauria Kulawi pada akhir bulan Juli 2024. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah memastikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Kauria Kecamatan Kulawi sudah mulai beroperasi melayani masyarakat di daerah itu.
 
Adapun pelayanan kesehatan yang tersedia yaitu poli anak, poli penyakit dalam, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Kauria Kulawi.
 
"Semua dokter ahli masih dari Rumah Sakit Tora Belo tapi setiap pekan para dokter ahli itu menuju ke Rumah Sakit Kauria Kulawi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu dan Pipikoro," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, Ahad.
 
Ia mengemukakan sepekan sekali dokter ahli akan tinggal di Kecamatan Kulawi.
 
"Tentunya Rumah Sakit Kauria sudah mulai beroperasi hanya untuk layanan dokter ahli satu kali dalam sepekan, sedangkan pelayanan umum dibuka setiap hari," ucapnya.
 
Ia menuturkan saat ini semua sarana prasarana untuk Rumah Sakit Kauria belum sepenuhnya lengkap dan baru melayani poli anak dan penyakit dalam serta dokter umum.
 
"Pada prinsipnya semua sudah siap cuma peralatan belum lengkap seperti Rumah Sakit Tora Belo, tentunya pelan-pelan kita akan anggarkan untuk kelengkapannya pada tahun 2025," sebutnya.
 
Menurutnya, Rumah Sakit Kauria Kulawi sudah dapat memberikan pelayanan kesehatan rujukan dari beberapa puskesmas setempat.
 
"Yang pasti operasional Rumah Sakit Kauria sudah mulai tahun ini dengan segala keterbatasan tapi ini merupakan langkah awal mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu, " tuturnya.
 
Pemerintah daerah memastikan Rumah Sakit Kauria dapat memenuhi standar operasional sesuai syarat dari Kementerian Kesehatan.
 
"Ke depan harapannya fasilitas dan kualitas yang dimiliki rumah sakit ini mampu mendongkrak mutu pelayanan kesehatan di Kulawi," ujarnya.
 
Diketahui saat ini dokter ahli di Kabupaten Sigi sebanyak 20 orang yang bertugas di Rumah Sakit Tora Belo Sigi.
 
Untuk jumlah Puskesmas di Kabupaten Sigi yang tersebar di 16 kecamatan sebanyak 19 puskesmas.
 
Rumah Sakit Kauria mulai dibangun pada Agustus 2022 oleh pemerintah Kabupaten Sigi.

Lokasi Rumah Sakit Kauria bertempat di Desa Tangkulowi, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.*