Sigi tekankan pentingnya sosialisasi tentang digitalisasi desa

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Diskominfo ,Digitalisasi desa ,Sideka NG

Sigi tekankan pentingnya sosialisasi tentang digitalisasi desa

Pemkab Sigi Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat melakukan sosialisasi digitalisasi desa dan penggunaan aplikasi Sideka NG pada setiap desa di Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO-DISKOMINFO SIGI)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat menekankan pentingnya sosialisasi digitalisasi desa di daerah itu.
 
Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Diskominfo Kabupaten Sigi Aldisyar di Sigi, Rabu, mengatakan sosialisasi desa digital dan penggunaan aplikasi Sideka NG (Sistem Informasi Desa dan Kawasan New Generation) sangat penting untuk mendukung jalannya proses administrasi secara lancar dan transparan.
 
"Digitalisasi desa merupakan langkah penting menuju transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan desa," kata Aldysar.
 
Ia mengatakan penggunaan aplikasi Sideka NG dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk mencapai tujuan tersebut. Pemerintah daerah saat ini, lanjutnya, senantiasa mendukung setiap desa di Kabupaten Sigi dalam penggunaan aplikasi Sideka NG.
 
"Tentunya kami memfasilitasi pendaftaran admin desa untuk aplikasi Sideka dan pembuatan domain desa," ucapnya.
 
Pihaknya terus mempersiapkan dan melatih desa-desa yang ingin menggunakan aplikasi Sideka.  "Ke depan masing-masing desa akan dilatih pengoperasian aplikasi Sideka dengan melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat," sebutnya.
 
Pada saat ini dari 176 desa di Sigi, kata dia, baru enam desa menggunakan aplikasi Sideka NG yaitu Desa Bora, Mpanau, Soulove, Sidondo IV, Panturabare, dan Jono Oge.
 
Adapun isi dari aplikasi Sideka merupakan data desa, aktifitas desa, dan layanan administrasi desa.
 
"Aplikasi ini dikembangkan oleh Kemendes PDTT, Kementerian Kominfo, Kemendagri, dan Satu Data Indonesia," ujarnya.
 
Ia mengatakan aplikasi Sideka NG merupakan pengembangan dari aplikasi Sideka yang sebelumnya telah digunakan oleh banyak desa di Indonesia.
 
"Versi baru ini menawarkan berbagai fitur yang lebih canggih dan user-friendly, yang akan mempermudah perangkat desa dalam mengelola data dan informasi terkait pemerintahan desa, pelayanan publik, dan pembangunan desa," tuturnya.
 
Sementara itu Ruang Komunitas Digital Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru, berkomitmen dalam memajukan teknologi informasi di desa itu.
 
Kepala Desa Jono Oge Mesak Ropiua mengatakan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan publik di desa.
 
"Dengan adanya aplikasi Sideka NG diharapkan semua data dan informasi desa dapat dikelola dengan lebih efektif dan efisien, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal," kata Mesak.