Pemkab-Buol tingkatkan kualitas SDM untuk produktivitas tenaga kerja

id Kabupaten Buol ,Sulawesi Tengah ,Tenaga Kerja ,Kompetensi

Pemkab-Buol tingkatkan kualitas SDM untuk produktivitas tenaga kerja

Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Dadang saat menutup pelatihan berbasis kompetensi guna meningkatkan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-DISKOMINFO BUOL

Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk produktivitas masyarakat di daerah itu dengan mengembangkan kompetensi dan keterampilan.
 
"Kegiatan kali ini tujuannya untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan berbagai fokus keterampilan yaitu otomotif, pertukangan, tata boga, dan menjahit," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Dadang saat menutup pelatihan berbasis kompetensi guna meningkatkan produktivitas tenaga kerja di Buol, Minggu.
 
Ia mengemukakan program peningkatan kualitas SDM tenaga kerja tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
 
"Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas masyarakat dalam memajukan Kabupaten Buol," ucapnya.
 
Ia mengatakan materi dan ilmu selama pelatihan itu dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya tenaga kerja dalam meningkatkan taraf hidupnya.
 
Kata dia, pemerintah daerah senantiasa memantau perkembangan para tenaga kerja sehingga benar-benar berhasil. "Kami akan terus memantau pemanfaatan alat dan perlengkapan yang telah diberikan agar pelatihan ini memberikan dampak yang berkelanjutan," ujarnya.
 
Ia menuturkan pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Dengan meningkatkan keterampilan tenaga kerja, harapannya dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan daya saing produk lokal," sebutnya.
 
Ia memastikan program pelatihan keterampilan ini terus berlanjut dan menyasar masyarakat Buol secara luas.