Penyuluh pertanian penting bangun kedaulatan pangan

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Penyuluh pertanian ,Dinas Tanaman Pangan

Penyuluh pertanian penting bangun kedaulatan pangan

Penyuluh bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan di Kabupaten Sigi saat rapat koordinasi evaluasi kinerja para penyuluh di Desa Maku Kecamatan Dolo, Selasa (27/8/2024). ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, menyampaikan pentingnya peran penyuluh baik di bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dalam pembangunan kedaulatan pangan di daerah itu.
 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi Rahmat Iqbal di Dolo, Kabupaten Sigi, Selasa, mengatakan pekerjaan yang dilakukan para penyuluh yang tersebar di Sigi sebagai ujung tombak dalam perkembangan sektor pertanian khususnya.

 
"Kerja-kerja penyuluh ini sangat penting dan strategis terutama terkait pada sektor pertanian sesuai dengan visi dan misi Bapak Bupati yaitu Sigi Berdaya Saing Berbasis Agribisnis," kata Iqbal.

 

Ia mengemukakan pemerintah daerah mengumpulkan seluruh penyuluh dalam melakukan evaluasi kinerja masing-masing bidang terhadap masyarakat.

 

"Jadi rapat koordinasi kali ini dengan seluruh penyuluh di Kabupaten Sigi yaitu penyuluh pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan bertujuan tidak hanya sekadar rakor dan silaturahim tetapi juga merupakan bentuk evaluasi terhadap kinerja teman-teman penyuluh di lapangan," ucapnya.

 

Untuk evaluasi tersebut, katanya, guna meningkatkan kerja-kerja para penyuluh sehingga penghasilan petani dan peternak di daerah itu mendapatkan hasil yang terbaik.

 

"Evaluasi ini sekaligus melakukan konsolidasi atas komitmen kinerja penyuluh se-Kabupaten Sigi terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kewenangan di wilayah binaan masing-masing," sebutnya.

 

Ia menjelaskan agar para penyuluh khususnya bidang pertanian memperhatikan beberapa faktor yang mengakibatkan kondisi pertanian harus tetap stabil di Kabupaten Sigi.

 

"Kami juga sampaikan ke semua penyuluh bahwa adanya arahan Menteri Pertanian saat ini kondisi pertanian kita tidak sedang baik-baik saja, tentunya ini berkaitan dengan iklim, kemarau, el nino sehingga kebutuhan pangan itu menjadi perhatian yang sangat penting," ujarnya.

 

Rahmat Iqbal menuturkan para penyuluh pertanian untuk pembangunan pertanian di daerah itu.

 

"Harapannya seluruh penyuluh bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku dan memahami tugas dan tanggung jawab tentunya terutama dalam mendampingi petani dalam hal pembangunan pertanian," tuturnya.