Ceko kembali ke kalender MotoGP pada 2025

id Motogp 2025,motogp ceko,motogp ceko 2025,kalender motogp

Ceko kembali ke kalender MotoGP pada 2025

Ilustrasi - Alsi sejumlah pembalap MotoGP. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit ikonis Brno di Ceko dipastikan akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP pada kalender musim 2025, demikian laporan AFP, dikutip pada Jumat.

Ini merupakan kembalinya Ceko menjadi tempat penyelenggaraan grand prix kelas balap motor premier setelah absen selama empat tahun.

Adapun Brno sendiri telah menggelar lebih dari 50 balapan sejak debutnya di MotoGP pada 1965. Brno terakhir kali menggelar Grand Prix pada 2020.

Anggota dewan setempat saat itu mengatakan kota tersebut tidak mampu membiayai perbaikan lintasan yang diperlukan karena kesulitan keuangan akibat pandemi COVID-19.

Kini, Brno dipastikan telah menandatangani kontrak lima tahun untuk tetap berada di kalender MotoGP, setidaknya hingga 2029.

“Balap motor memiliki tradisi di Sirkuit Brno Masaryk sejak 1950-an,” kata Perdana Menteri Ceko Petr Fiala dalam sebuah pernyataan.

“MotoGP adalah acara global bergengsi yang mendatangkan puluhan ribu pengunjung ke Republik Ceko. Saya sangat senang bahwa kami berhasil melanjutkan tradisi ini dan bahwa balapan MotoGP akan kembali ke Brno (setelah empat tahun),” ujarnya menambahkan.