Gembira Loka Tambah Koleksi Satwa

id gembira loka,satwa

Gembira Loka Tambah Koleksi Satwa

Gembira Loka (Antara)

Yogyakarta (antarasulteng.com) - Gembira Loka Zoo Yogyakarta menambah koleksi satwa berupa sepasang 'monster gila' atau Heloderma Suspectum yakni sejenis kadal dari keluarga varanus.
          
"Kadal beracun ini berkulit tebal dan berekor pendek, tubuhnya tambun," kata Kepala Bidang Perawatan Satwa Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta Miftah Nur Khasan di Yogyakarta, Jumat.
        
Ia mengatakan, kadal beracun tersebut diperoleh dari sumbangan seorang kolektor binatang dari Surabaya, Jawa Timur.
        
"Sebelum kami 'display' untuk pengunjung, sepasang kadal beracun tersebut perlu adaptasi dulu di ruang karantina," kata Miftah.
           
Menurutnya, kadal beracun ini biasa hidup di gurun yang gersang dan panas di bagian barat daya Amerika Serikat dan Utara Meksiko. Kadal ini sangat beracun, kelenjar racunnya terletak di rahang. Racunnya digunakan saat akan menggigit mangsanya , seperti halnya satwa Komodo.
         
"Untuk mencium bau mangsanya, kadal beracun ' monster gila' tersebut menggunakan lidahnya,"katanya.
         
Selain mendapatkan sumbangan sepasang kadal, katanya, GLZoo Yogyakarta juga memperoleh sumbangan dari kolektor yang sama berupa  seekor Phyton Woma, yang diharapkan untuk menambah koleksi ular hias yang ada di kebun binatang satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. (H008)