Pemkab Poso akan operasikan bus sekolah di Tentena

id bus,sekolah,pendidikan,poso

Satu unit bus sekolah bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk Kabupaten Poso (Antaranews Sulteng/Feri Timparosa)

Yang pastinya tahun ini mobil itu sudah beroperasi,

Poso (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso melalui Dinas Perhubungan setempat merencanakan pengoperasian satu unit bus sekolah, bantuan dari Kementerian Perhubungan, dengan rute Desa kuku di Kecamatan Pamona Utara menuju Kota Tentena, Kecamatan Pamona Pusalemba. 

Kepala Dinas Perhubungan Poso, Okto Lembang mengatakan penggunaan bus sekolah itu, tinggal menunggu berkas penyerahan dari Kementerian Perhubungan ke Pemkab Poso. Saat ini, mobil itu telah berada di Poso dan telah di uji coba oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

“Yang pastinya tahun ini mobil itu sudah beroperasi, tinggal menunggu penyerahan dan langsung dioperasikan,” kata Okto di Poso, Senin.

Baca juga: Bupati Poso 'Molimbu' bersama masyarakat Bancea

Bus sekolah itu memilki kapasitas 26 penumpang dilengkapi AC dan berbahan bahan bakar solar. Pemkab Poso telah merencanakan penambahan lagi bus sekolah untuk membantu pendidikan di Kabupaten Poso.

Selain itu, pihak Pemda Poso juga akan membantu peningkatan transportasi darat dengan tiga unit mobil Damri dengan rute Kota Poso ke Kecamatan Lore Selatan, Kota Poso ke Kecamatan Lore Barat dan Poso-Malino.

Mobil Damri dengan kapasitas 30 penumpang itu memiliki harga tiket yang disubsidi pemerintah, yang di perkirakan sepertiga dari harga tiket yang berlaku saat ini.

“Mobil Damri itu di rencanakan akhir bulan ini akan tiba di Poso dan merupakan subsidi dari Kementerian Perhubungan untuk masyarakat,” kata Okto.

Pewarta :
Editor : Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar