BTNLL: pembangunan infrastruktur dalam kawasan segera dibangun

id poso,btnll,bupati,telkomsel

Kepala BTNLL Jusman (kiri) saat melakukan koordinasi dengan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (kanan) di Poso, Kamis (17/1). (Istimewa)

tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Poso (Antaranews Sulteng) – Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) Jusman mengatakan pembangunan infrastruktur yang melalui kawasan BTNLL segera dibangun.

Infrastruktur itu diantaranya jalan penghubung antara Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah dan Desa Leli,o Kecamatan Lore Barat, serta menara Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel untuk jaringan telekomunikasi.

“Untuk jalan tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Jusman saat melakukan koordinasi dengan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu di Poso, Kamis (17/1).

Terkait dengan pembangunan BTS Telkomsel di wilayah lembah Napu, nantinya juga akan mendukung kelancaran tugas BTNLL, baik secara internal maupun eksternal, serta akses masyarakat secara luas. 

“Tower Telkomsel itu direncanakan akan dibangun di puncak Padaeha, Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara,” ujar Jusman.

Sementara itu, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan terima kasih dan menyambut baik rencana tersebut. Ia mengatakan pembangunan jalan Lelio-Doda merupakan program pemerintah Kabupaten Poso, dimana pengerjaannya telah dirintis melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2018 yang lalu bersama masyarakat.

Dengan terbukanya jalan itu kata bupati, akan lebih memudahkan akses masyarakat, khususnya wilayah Bada dan Behoa. Sekaligus akan memperlancar  roda perekonomian masyarakat secara luas. 

Selain itu akan mempermudah wisatawan dalam berkunjung dan menikmati destinasi wisata 1000 megalit di lembah Behoa.

“Jalan itu akan mempermudah integrasi seluruh obyek wisata di Poso,  ditambah lagi jaringan Telekomuniaksi akan semakin baik,” harap Bupati Darmin.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan DAS Pemkab Poso, Amos Mondolu mengatakan dalam pertemuan itu khusus untuk pembangunan Tower akan dibangun jaringan 4G yang akan mencakup hingga Kecamatan Lore Tengah. 

“Kemungkinan tahun ini, baik jalan dan tower itu akan segera dibangun,” ujar Amos.
 
Pewarta :
Editor : Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar