Bupati Poso Darmin A. Sigilipu dinobatkan jadi Ayah Genre

id Poso,Duta genre,BKKBN Sulteng

Bupati Poso Darmin A. Sigilipu (kanan) saat dikukuhkan menjadi Ayah GenRe oleh Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny Soriton di Poso, Sabtu (13/4) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Poso)

Tunjukkanlah kepada daerah bahwa walaupun anda masih muda namun anda itu berprestasi, kata Darmin
Palu (ANTARA) - Pelaksana tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah Tenny C. Soriton menobatkan Bupati Poso Kol (Mar) Purnawirawan Darmin Agustinus Sigiliput sebagai Ayah Genre (Generasi Berencana) serangkaian dengan acara pemilihan Duta Genre Kabupaten Poso di Gedung Torulemba, Rujab Bupati Poso, Sabtu (13/4) malam.

Tenny Soriton mengatakan bahwa pengembangan program Generasi Berencana (GenRe) ini mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda agar para remaja tangguh dan siap menghadapi masa depan dengan terencana.

Diana Sigilipu selaku Ketua Panitia Pelaksana yang juga merupakan Duta Genre Kabupaten Poso tahun 2018 melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dengan Pelantikan Pengurus Forum Genre Kabupaten Poso ini bertujuan untuk menyosialisasikan serta mempromosikan program generasi berencana (Genre) di kalangan remaja.

Harapannya adalah remaja Kabupaten Poso mempunyai pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara rentan, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, katanya.

Diana yang juga meraih juara Harapan I pada pemilihan Duta Genre Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah pada 9 Mei 2018  ini mengatakan bahwa output yang diharapkan dengan adanya program ini adalah Duta Genre tahun 2019 yang terpilih di jalur pendidikan dan masyarakat dapat menjadi figur teladan bagi remaja lainnya.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa pemda selalu menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah Tana Poso. 

"Saya bersama Wabup Samsuri selalu mendukung setiap kegiatan positif baik yang dilakukan oleh anak-anak muda maupun organisasi-organisasi yang turut mendukung pemerintah dalam membangun Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Dengan adanya program pemilihan duta genre ini, masyarakat disadarkan adanya program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana nantinya lewat duta ini dapat memberikan pencerahan kepada generasi muda lainnya agar lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan masa muda dengan hal-hal yang positif. 

"Tunjukkanlah kepada daerah bahwa walaupun anda masih muda namun anda itu berprestasi, bukan hanya dengan kata-kata saja, melainkan lakukan aksi nyata dalam memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah kita tercinta ini,": katanya.

Pemilihan Duta GenRe ini diikuti 45 orang yang terdiri atas 25 putri dan 20 putra berasal dari berbagai universitas, sekolah menengah atas dan juga beberapa kelompok pemuda/remaja organisasi keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan. 

Para peserta telah mengikuti pembekalan yang dilakukan di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Poso dan pelaksanaan final di Gedung Torulemba.

Duta GenRe terpilih dalam kegiatan ini adalah mahasiswi STIKES Husada Mandiri Poso atas nama Christanti dan siswa SMA GKST 2 Tentena atas nama Miguel. 

BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah juga memberikan penghargaan kepada tiga pelajar berprestasi asal Poso yakni penghargaan Vision of Peace tahun 2019 dimana ketiga pelajar ini berhasil dalam ajang mempromosikan perdamaian dan toleransi di kalangan generasi muda lewat karya seni.
Bupati selaku Ayah GenRe Poso Darmin A Sigilipu memnyerahkan sertifikat kepada Duta GenRe Poso terpilih (putra dan putri) usai seleksi Duta Genre di Poso, Sabtu (13/4) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Poso)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar