AS berencana bangun superkomputer

id Amerika Serikat,super komputer,Aurora,Summit

AS berencana bangun superkomputer

Departemen Energi AS akan menghabiskan 425 juta dolar untuk meneliti dan membangun superkomputer, seperti mesin "Discover" NASA yang terlihat di sini. (Foto oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA)

Washington (ANTARA) - Departemen Energi AS (DOE) pada Selasa (7/5/2019) mengumumkan rencananya untuk menghadirkan komputer paling kuat di dunia pada 2021, dengan kinerja sekitar 12 kali lipat peringkat kecepatan sistem komputasi tercepat yang dibangun saat ini.

Sistem yang disebut Frontier dan berdasarkan pada kinerja tinggi AMD, optimalisasi AI teknologi CPU dan teknologi GPU akan berjalan pada kecepatan lebih besar dari 1,5 exaflops, menurut DOE.

Itu terjadi setelah DOE meluncurkan rencananya pada Maret untuk membangun superkomputer exascale yang disebut Aurora berdasarkan teknologi CPU Intel, yang dapat berjalan pada kecepatan lebih besar dari satu exaflop. Aurora juga akan dikirim pada  2021.

Exaflop adalah triliun kalkulasi per detik. Triliun adalah satu dengan delapan belas nol di belakangnya.

"Frontier akan mempercepat inovasi dalam AI dengan memberikan kepada peneliti Amerika data kelas dunia dan sumber daya komputasi untuk memastikan penemuan hebat berikutnya dibuat di Amerika Serikat," kata Menteri Energi Amerika Serikat Rick Perry.

Sekarang, superkomputer IBM yang disebut Summit adalah peringkat sistem komputasi tercepat di dunia, sebuah kedudukan yang ditempati oleh Sunway TaihuLightdan Tianhe 2A dari China selama lima tahun.

Kinerja puncak Summit adalah 122,3 petaflops sementara kinerja teoretisnya dapat mencapai 200 petaflops. (satu exaflop adalah 1.000 petaflops)

Frontier akan dipasang di Laboratorium Nasional Oak Ridge di Negara Bagian Tennessee tempat Summit sekarang dipasang. Total kontraknya bernilai lebih dari 600 juta dolar AS, sekitar 100 juta dolar lebih dari kontrak Aurora, menurut DOE.

Namun, Frontier dan Aurora belum tentu menjamin AS dengan kekuatan komputasi terkuat di dunia pada tahun-tahun mendatang. China juga membangun superkomputer exascale dan versi finalnya diharapkan keluar pada  2020 atau 2021.