Bupati Poso hadiri rakor penanganan konflik sosial di Jakarta

id Poso,pemilu,darmin

Bupati Poso hadiri rakor penanganan konflik sosial di Jakarta

Bupati Poso Darmin Sigilipu (kanan) bersama Mendagri Tjahjo Kumolo (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Poso)

Palu (ANTARA) - Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, Kamis (16/5), mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) tim terpadu penanganan konflik sosial dalam rangka merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa pascapemilu serentak 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Grand Paragon Hotel Jln. Gajah Mada no. 126 Jakarta.

Kegiatan Rakornas yang berlangsung sehari penuh itu, diikuti oleh seluruh bupati/wali kota selaku Ketua tim terpadu penanganan konflik sosial kabupaten/kota se-Indonesia bersama Kaban Kesbangpol se-Indonesia.

Menurut Bupati Darmin, kehadiran kepala daerah termasuk dirinya pada Rakornas itu merupakan hal penting dan strategis dalam mengoptimalkan aksi terpadu guna suatu tindakan cepat sebagai langkah deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan gejala konflik sosial yang setiap saat bisa saja terjadi.

Suatu kebanggaan bagi warga Tana Poso, kata darmin,  kita telah berhasil melalui tahapan demi tahapan pemilu serentak 2019 dengan aman, damai dan sukses. Semua ini tidak terlepas dari bentuk kerja sama semua pihak terutama para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda bahkan kawula muda Poso dengan pemerintah daerah yang ikut bertanggung jawab atas terlaksananya pesta demokrasi akbar itu.

Karenanya, kata bupati, untuk menjaga dan memelihara stabilitas daerah ke depan, diperlukan sinergitas semua unsur didalamnya. Bukan saja pemerintah daerah, TNI/POLRI, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya, tetapi hendaknya melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dan dengan kebersamaan itu, sekaligus menjadi kekuatan kita untuk lebih giat bekerja dan berkarya sehingga bumi sintiwu maroso yang kita cintai akan terus maju dan bekembang seirama dengan harapan kita semua demi kesejahtetaan seluruh masyarakat melalui visi pemerintah daerah yakni: Terwujudnya kabupaten Poso yang damai, adil dan sejahtera didukung oleh sumber daya manusia yang andal dan bermartabat.

Dikatakan, pada pemilu serentak tahun 2019 ini, secara nasional Kabupaten Poso masuk dalam urutan 7 kategori 10 daerah yang rawan. Namun syukur kepada Tuhan warga Tana Poso telah membuktikan kedewasaan dalam berpolitik, sehingga semua tahapan pemilu dapat dilalui dengan baik, aman dan sukses. (AS)