Polda Kalsel tangkap polisi gadungan lintas provinsi

id Polisi gadungan

Polda Kalsel tangkap polisi gadungan lintas provinsi

Polisi gadung pelaku penipuan berhasil diamankan Unit Resmob Polda Kalsel. (Antarakalsel/foto/Gunawan Wibisono)

Karena mengaku sebagai anggota Polri, maka banyak korbannya percaya hingga terpedaya
Banjarmasin (ANTARA) - Unit Resmob Subdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalimantan Selatan berhasil menangkap polisi gadungan yang beraksi melakukan aksi penipuan di 21 Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan lintas provinsi.

Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Kalsel AKBP Afebrianto Widhi Nugroho di Banjarmasin, Kamis, mengatakan tersangka bernama Syamsudin alias Dwi itu ditangkap di daerah Gunung Intan, Kecamatan Babulu Panajam, Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (29/5).

"Modus pelaku berpura-pura menjadi anggota Polda Kalsel berpangkat Bripka dari Unit Buser. Aksi kejahatannya semuanya ada 21 TKP, yakni wilayah Kalsel sembilan TKP, Kalteng sepuluh TKP dan Kaltara dua TKP," kata Afeb, Kamis.

Dikatakannya, dari aksi kejahatannya, pelaku kelahiran Surabaya 43 tahun silam itu, telah meraup keuntungan sebesar Rp345.500.000. Di mana saat dibekuk, barang bukti uang tunai yang disita tersisa Rp41.000.000 dan satu unit sepeda motor.

Adapun modusnya aksi penipuannya bermacam-macam seperti jual beli mobil dan motor, gadai mobil, jual beli lahan hingga jual beli tanah dan angkutan umum.

"Karena mengaku sebagai anggota Polri, maka banyak korbannya percaya hingga terpedaya," beber Afeb mewakili Dirreskrimum Polda Kalsel Kombes Pol Sofyan Hidayat.

Terus dikatakannya, saat diamankan, polisi pun menemukan satu pistol mainan yang kerap dibawa dan diperlihatkan tersangka kepada para korbannya dengan harapan agar orang percaya dia polisi.

"Tersangka saat ini ditahan di Rumah Tahanan Polda Kalsel dan dijerat dengan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP," tutur perwira menengah Polri itu.