Petani Parigi Moutong panen raya buah rambutan

id rambutan

Petani Parigi Moutong panen raya buah rambutan

Kebun buah rambutan di Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong. Saat ini petani sedang panen raya.Harga di tingkat petani Rp4.000/kg. (Antara/Anas Masa)

Parimo,Sulteng (ANTARA) - Para petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah saat ini selain sedang panen raya padi sawah irigasi, juga buah rambutan dan naga.

"Ya buahnya kali ini lebih banyak dibandingkan sebelumnya," kata Wayan, salah seorang petani Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo, Selasa.

Ia mengatakan biasanya dalam kondisi normal, hasil panen buah rambutan bisa mencapai sekitar satu ton. Jika melihat buah rambutan sekarang ini, besar kemungkinan produksi bisa lebih dari hasil panen sebelumnya.

Namun demikian, kata dia, menjadi masalah soal pemasaran, sebab pedagang juga enggan membeli dalam kondisi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung dua bulan terakhir ini sangat berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan kalau dahulu sebelum adanya virus corona, pedagang datang membeli langsung. Tetapi sekarang ini pedagang enggan membeli langsung ke petani.Di sisi lain, petani juga enggan menjual ke pasaran khawatir terhadap penyebaran COVID-19.

"Kondisi ini memang sangat merugikan kita semua, termasuk para petani," kata dia. Meski hasil panen menggembirakan, tetapi sulit menjualnya. "Kami hanya menunggu pembeli datang di kebun," ujar dia.

Kebetulan kebun terletak pada jalur Trans Sulawesi yang saban hari ramai oleh arus lalulintas kendaraan yang melintas. Harga buah rambutan di tingkat petani dijual dengan harga Rp4.000/kg.

Sementara harga di tingkat pengecer biasanya sudah mencapai Rp10.000/kg. Hal senada juga disampaikan Sumerta, seorang petani di Desa Olaya Kecamatan Parigi. Ia membenarkan bahwa petani di wilayah itu lagi panen buah rambutan dan buah naga.

Kabupaten Parimo selain sentra produksi beras, juga berbagai jenis komoditi hortikultura, terutama rambutan, durian dan buah naga.

Saat ini memang lagi memasuki musim panen rambutan."Hanya saja pemasaran sedikit menjadi kendala bagi petani, sebab dampak dari pandemi COVID-19.

Dia juga mengaku hasil panen cukup bagus karena tidak ada hanya.

Harga buah naga di tingkat petani di wilayah itu berkisar Rp20.000/kg dan buah rambutan Rp4.000/kg.***1***
(T.BK03/)