Gempa bumi dengan magnitudo 3.1 getarkan Donggala

id Gempa bumi Donggala

Gempa bumi dengan magnitudo 3.1 getarkan Donggala

Gempa bumi berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 00.20 WIB atau 01.20 WITA dengan tingkat getaran MMI II yang dirasakan hingga Kota Palu dan Parigi. (ww.bmkg.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 3.1 mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Minggu malam (19/7) pukul 22.53 WIB.



Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi pada kedalaman 664 km, pada koordinat 0.11 LS dan 119.81 BT.



Pusat gempa diketahui berada di laut, 10 km arah barat daya Tambu, Kabupaten Donggala.



Getaran gempa dirasakan di sekitar wilayah Tambu, dalam skala II hingga III Modified Mercalli Intensity (MMI).



Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.



Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan dalam skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.



Tidak dilaporkan potensi tsunami akibat gempa tersebut, namun BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.