Pemkab Sigi salurkan bantuan sosial beras untuk KPM-PKH

id bansos sigi,beras,kemensos, kabupaten Sigi

Pemkab Sigi salurkan bantuan sosial beras untuk KPM-PKH

Bansos beras yang siap disalurkan kepada keluarga penerima manfaat program PKH Sulteng (foto Antara/Anas Masa).

Saya berterima kasih, sebab pemerintah sangat memperhatikan masyarakat yang semuanya terdampak COVID-19
Sigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi mulai menyalurkan bantuan sosial berupa beras dari Kementerian Sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat (PKM) Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah itu.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapata di Sigi, Selasa, mengemukakan bantuan sosial beras untuk KPM-PKH sudah mulai disalurkan kepada masyarakat yang berhak.  "Kemarin (21/9),bantuan beras dari pemerintah pusat sudah disalurkan kepada pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS) di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi," katanya.

Bupati Irwan menjelaskan berdasarkan petunjuk penyaluran bansos beras tersebut, khusus bagi warga yang memegang KKS. Sesuai mekanisme yang sudah diatur, setiap kk mendapatkan jatah beras 15 kg per bulan selama tiga bulan Agustus-Oktober 2020.

Ia mengatakan yang disalurkan pada tahap pertama ini jatah Agustus-September, yakni sebanyak 30kg per KK. Untuk jatah Oktober 2020 sebanyak 15 kg per KK akan disalurkan pada tahap berikutnya. "Jadi yang sekarang ini mereka dapat masing-masing 30 kg KK untuk Agustus-September 2020," tuturnya.

Bansos beras yang disalurkan kepada penerima manfaat PKH di Sigi didistribusi dari Perum Bulog Sulteng. Beras disediakan oleh Bulog, tetapi yang menyalurkan adalah pihak swasta dalam hal ini pemenang tender jasa angkutan (transportasi).

Kalau penyaluran beras bantuan pemerintah tahun-tahun sebelumnya seperti raskin dan rastra dilakukan langsung oleh Bulog. "Tapi sekarang Bulog hanya sebagai penyedia stok beras sesuai kebutuhan penyaluran," ujarnya.

Marni, seorang warga penerima bantuan beras di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi menyatakan sangat gembira, sebab saat menghadapi masa pandemi COVID-19 dan adaptasi kebiasaan baru bisa mendapatkan bantuan beras dari pemerintah.

"Saya berterima kasih, sebab pemerintah sangat memperhatikan masyarakat yang semuanya terdampak COVID-19," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Ny Rusdi. Dia mengaku senang bisa dapat jatah beras dari pemerintah. Bantuan tersebut sangat membantu meringankan beban masyarakat.

Data dari Dinas Sosial Kabupaten Sigi menyebutkan penerima bansos beras KPM-PKH di Kecamatan Marawola sebanyak 953 KK.

Baca juga: Penerima bansos di Poso capai 53.700 keluarga
Baca juga: Pemkot Palu salurkan bansos beras untuk PKH
Baca juga: Disabilitas Parigi Moutong dapat bantuan alat kerja dari Kemensos