Delis kerja cepat, krisis listrik Morut insya Allah teratasi 2021

id Delis, morut, listrik PLN, PLN

Delis kerja cepat, krisis listrik Morut insya Allah teratasi 2021

GM PLN Suluttenggo Leo Basuki menyerahkan cinderamata kepada dr. Delis JH di Manado, Selasa (22/12) (ANTARA/HO-Istimewa)

Otoritas kelistrikan Sulutenggo Leo Basuki dia mendukung Morut dalam memenuhik kebutuhan listrik bagi masyarakat dan industri yang akan dibangun.
Palu (ANTARA) - Banyak orang mengatakan bahwa kondisi listrik PLN  yang paling buruk  di Sulawesi Tengah adalah di Morowali Utara. Pasalnya, pemadaman listrik terjadi setiap hari. Padamnya berkali-kali, bisa lima smapai enam kali sehari dan durasinya juga lumayan, bisa dua-tiga jam sekali padam.

Tak hanya keluhan yang disampaikan warga lewat media, tetapi juga sindiran, umpatan bahkan cacian kepada PLN dan kepada pemerintah daerah yang seolah tidak hadir mengatasi persoalan pokok rakyatnya dengan kelistrikan.

Akan tetapi, Bupati terpilih dalam Pilkada Morut 9 Desember 2020, dr Delis Julkarson Hehi, langsung tancap gas mencari iktiar menyelesaikan masalah kelistrikan di Morowali Utara.

Hari ini, Selasa (22/12), Delis JH bersilaturahim dengan General Manajer PLN Sulutenggo Leo Basuki di Manado, Sulawesi Utara. Ia didampingi oleh Anggota Komite Investasi BKPM Rizal Calvary Marimbo.

Dalam pertemuan itu dr. Delis meminta informasi dan dukungan dari Pimpinan PLN Sulutenggo terkait persoalan pasokan listrik bagi masyarakat dan industri yang akan dibangun di morowali Utara. 

Dan dalam pertemuan tersebut otoritas kelistrikan Sulutenggo Leo Basuki menyanggupi untuk memberikan dukungan penuh ke Morut dalam memenuhik listrik bagi masyarakat dan industri yang akan dibangun di Morowali Utara.

Baca juga: KPU Morut tetapkan Delis-Djira peraih suara terbanyak Pilkada 2020
 
Suasana silaturahim GM PLN Suluttenggo Leo Basuki (kiri) dengan bupati terpolih dalam pilkada Morut dr. Delis JH (kanan) dihadiri Anggota Komite Investasi BKPM RI Rizal Calvary Marimbo di Manado, Selasa (22/12) (ANTARA/HO-Istimewa)

"Pagi tadi kami mendapat penjelasan dari otoritas kelistrikan Sulutenggo Bapak Leo Basuki bahwa pada medio 2021, listrik di Morut akan mendapat pasokan yang stabil," ucap Delis.

Baca juga: Delis ajak jurnalis 'perangi' politik uang, Tim D1a bentuk Satgas antipolitik uang

PLN tengah melakukan penguatan jaringan transmisi hingga ke Petasia. Pasalnya, jaringan yang ada saat ini hanya untuk listrik tegangan rendah. Sehingga tidak cukup untuk menampung tegangan tinggi yang akan melewati wilayah tersebut.

Selain memastikan ketersediaan listrik, Delis juga membicarakan  kerjas BKPM, PLN dengan Pemda Morut ke depan untuk pengembangan kawasan industri di Morowali Utara.

"Kalau kita bangun kawasan industri kan butuh listrik yang banyak. Kita cek kemampuan PLN bagaimana. Puji Tuhan, PLN sangat siap, asal ada demand, harga pas, PLN siap pasok listrik," ucap Rizal, yang juga tokoh muda Poso dan Morut ini.

Rizal mengatakan, BKPM siap mendukung secara paripurna bagi pengembangan investasi dan industrialisasi di Morut.

"Tadi kita bicara bicara dengan bupati terpilih, di Morut itu banyak investor mau masuk. Bapak Bupati siap dukung ketersediaan lahan, dan sebagainya, sebagai putra daerah saya juga punya kewajiban membangun Morut dan Poso," ucap Rizal.

Baca juga: Delis-Djira siap kucurkan Rp300 juta/desa untuk pemberdayaan pemuda, perempuan dan tani-nelayan
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar