Peminat UIN Datokarama Palu 2021 meningkat

id Prof Abidin Djafar,UIN Datokarama Palu,UIN,Warek ,Mahasiswa baru,Minat masyarakat

Peminat UIN Datokarama Palu 2021 meningkat

Tampak depan gedung Rektorat UIN Datokarama Palu (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Abidin Djafar MAg mengemukakan bahwa peminat perguruan tinggi tersebut meningkat pada tahun 2021.

"Dari tahun ke tahun peminat terhadap perguruan tinggi ini meningkat terus," ucap Prof Abidin Djafar di Palu, Kamis.

Baca juga: UIN Datokarama Palu terapkan WFH total

Prof Abidin Djafar mengemukakan pada tahun 2021 ini jumlah peminat UIN Datokarama Palu sebanyak 5.000 lebih, meningkat bila dibandingkan tahun 2020 yang peminatnya sekitar 3.000 lebih.

Tingginya peminat itu, kata dia, menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama selalu menjadi pilihan masyarakat utamanya generasi muda.

"Ini menunjukkan bahwa masyarakat utamanya generasi muda semakin berminat untuk menuntut ilmu di PTKIN termasuk di UIN Datokarama Palu," kata Prof Abidin.

Baca juga: Anggota DPD RI: Sulteng harus punya Universitas Islam Negeri

Prof Abidin Djafar menerangkan jumlah peminat tersebut, dilihat dari jumlah pendaftaran mahasiswa baru pada tiga jalur yang dibuka yakni SPAN, UMPTKIN dan mandiri.

Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia nasional dan panitia daerah, sebut Prof Abidin, maka tidak semua peminat dapat diterima untuk kuliah di PTKIN termasuk di UIN Datokarama Palu.

Ia menguraikan pada tahun 2021 ini, mahasiswa baru untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) yang dinyatakan lulus sebanyak 728 mahasiswa baru.

Kemudian, jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus berjumlah 633 orang.

Berikutnya penerima mahasiswa baru untuk jalur mandiri, terdapat 763 mahasiswa baru yang dapat diterima berdasarkan hasil seleksi.

"Semua mahasiswa baru dari tiga jalur pendaftaran tersebut akan mengikuti beberapa tahapan selanjutnya, di antaranya matrikulasi, pembinaan di Mahad Aljamiah dan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK)," kata Prof Abidin Djafar.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021