Norwegia imbangi Belanda di Kualifikasi Piala Dunia

id kualifikasi piala dunia 2022,timnas norwegia,timnas belanda,erling haaland,timnas turki,timnas montenegro,timnas latvia

Norwegia imbangi Belanda di Kualifikasi Piala Dunia

Penyerang tim nasional Norwegia Erling Haaland (kiri) memperdaya kiper Belanda Justin Bijlow untuk mencetak gol dalam laga lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Ulievaal, Oslo, Belanda, Rabu (1/9/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/NTB/Terje Bendiksby)

Jakarta (ANTARA) - Erling Haaland akhirnya mencetak gol di kualifikasi Piala Dunia 2022 saat membantu tim nasional Norwegia mengimbangi Belanda 1-1 dalam laga putaran keempat Grup G zona Eropa di Stadion Ulievaal, Oslo, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kendati jadi mesin gol di tingkat klub bersama Borussia Dortmund, Haaland relatif tumpul saat membela negaranya dan hal itu ia patahkan saat membawa Norwegia memimpin atas Belanda pada menit ke-20.

Blunder Memphis Depay mengawali gol tersebut saat bola direbut oleh Stefan Strandberg dan dikirimkan ke Haaland yang lolos dari jebakan offside sebelum memperdaya kiper Justin Bijlow.

Namun keunggulan Norwegia raib pada menit ke-36 karena gol Davy Klaassen. Georginio Wijnaldum mengirim umpan tarik yang gagal dijangkau Depay, beruntung Klaassen turut menerobos ke dalam kotak penalti untuk menjebol gawang tuan rumah.

Haaland sebetulnya punya peluang emas untuk merestorasi keunggulan Norwegia pada menit ke-64 setelah menerima umpan Martin Odegaard dan berhadapan satu lawan satu dengan Bijlow, tapi tembakannya malah membentur tiang gawang.




Sebaliknya, Belanda nyaris meraih kemenangan dramatis pada injury time tetapi kiper Andre Hansen mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk mencegah bola sontekan Denzel Dumfries melewati garis gawang, memaksa skor 1-1 bertahan hingga peluit bubaran.

Hasil itu membuat posisi kedua tim di klasemen Grup G tak berubah. Sama-sama mengoleksi tujuh poin, Belanda duduk di posisi kedua berbekal keunggulan selisih gol surplus tujuh, sedangkan Norwegia di peringkat keempat dengan surplus satu, demikian laman resmi UEFA.

Turki diimbangi Montenegro, Latvia petik kemenangan pertama

Dalam pertandingan-pertandingan lain di Grup G, Turki diimbangi Montenegro 2-2 sementara Latvia memetik kemenangan pertamanya dengan menundukkan Gibraltar 3-1.

Di Vodafone Park, Istanbul, tuan rumah Turki sebetulnya memimpin dua gol lebih dulu berkat sepakan jarak jauh Cengiz Under dan sontekan Yusuf Yazici yang sempat dibalas Adam Marusic jelang turun minum.

Kemenangan yang sudah di hadapan mata Turki raib pada menit kedelapan injury time saat Risto Radunovic mengkonversi tendangan bebas demi memaksakan skor imbang 2-2.

Di Stadion Daugavas, Vladislavs Gtukovskis mengemas dwigol saat tuan rumah Latvia menundukkan Gibraltar 3-1 untuk raihan tiga poin perdana.

Rangkaian pertandingan selanjutnya di Grup G akan berlangsung pada Selasa (7/9) yakni Montenegro vs Latvia, Belanda vs Turki dan Norwegia vs Gibraltar.