Bupati Morut: PNS jangan hanya tuntut hak tanpa kinerja yang optimal

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm

Bupati Morut: PNS jangan hanya tuntut hak tanpa kinerja yang optimal

Sejumlah PNS mengikutu pengambilan sumpah jabatan dan pengukuhan dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morut, Jumat (8/10). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut) dr. Delis Julkarson Hehi mengimbau seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Morut agar tahu dan pandai bersyukur, bukan hanya selalu menuntut hak tanpa dibarengi kinerja yang optimal.

Ia tidak ingin para PNS tersebut hanya menerima gaji dan tunjangan belaka tanpa dibarengi dengan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Perlu diketahui bahwa ada ribuan orang di luar sana yang menginginkan jabatan yang hari ini bapak ibu (PNS) miliki. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kepercayaan ini. Harus bersyukur dan menjalankan tugas sebaik-baiknya," katanya di Kolonodale, Sabtu.

Ia mengatakan hendaknya seluruh ASN bekerja dengan tulus dan ikhlas sebab dengan ketulusan dan keiikhlasan upaya meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan daerah dapat terwujud.

"Seperti yang pernah dikatakan mantan Presiden Amerika Serikat John F Kennedy yang selalu dikenang orang yakni 'jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang kau berikan bagi bangsa'. Kata-kata bijak itu hendaknya menjadi renungan bagi kita semua agar tahu bersyukur,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu dr. Delis mengingatkan bahwa berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemampuan RB) terhadap kemampuan ASN, baik yang berstatus honorer maupun PNS pada suatu pemerintah daerah, Morut berada di urutan terendah.

Oleh karena itu, Pemkab Morut berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan ASN melalui pelatihan baik melalui pendidikan formal maupun non formal agar bisa menjadi ASN yang baik.

"Selain mendapat tunjangan fungsional, para PNS yang baru dikukuhkan juga diberikan tambahan penghasilan yang cukup besar dibandingkan daerah lain. Oleh karena itu, perhatian tersebut harus dibarengi dengan kinerja yang baik dan maksimal," ucapnya.