Pemerintah Kabupaten Sigi siapkan tempat isolasi pasien COVID-19

id tempat isolasi sigi,covid kabupaten sigi,pengendalian covid

Pemerintah Kabupaten Sigi  siapkan tempat isolasi pasien COVID-19

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan upaya pemerintah kabupaten menanggulangi penularan COVID-19. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan tempat isolasi pasien COVID-19 guna menghadapi kemungkinan terjadi peningkatan kasus infeksi virus corona.

Menurut Bupati Sigi Mohamad Irwan, pemerintah kabupaten menyiapkan fasilitas karantina bagi pasien COVID-19 di Rumah Sakit Torabeloa di Sigi serta Wisma Alam Raya di Jalan Pue Bongo, Kota Palu.

"Ruangan isolasi sudah ada kita siapkan, pertama di Alam Raya di Palu, rumah sakit juga," katanya di Sigi, Minggu.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Kabupaten Sigi sejak awal pandemi sampai 20 Februari 2022 total 3.883 kasus dengan jumlah penderita yang sudah sembuh sebanyak 3.550 orang dan pasien yang meninggal dunia sebanyak 114 orang. Dengan demikian masih ada 219 penderita COVID-19 yang masih menjalani perawatan dan atau karantina.

Bupati mengatakan bahwa infeksi virus corona varian Omicron juga mulai terjadi di Kabupaten Sigi, namun penderitanya kebanyakan hanya mengalami gejala ringan.

"Warga yang terpapar COVID dan bergejala berat adalah warga yang belum divaksin berdasarkan data pemerintah," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sigi mengantisipasi kemungkinan terjadi peningkatan kasus COVID-19 akibat persebaran Omicron.

Guna mencegah lonjakan kasus, pemerintah daerah menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 serta mengaktifkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa.

Pemerintah kabupaten meminta para kepala desa dan camat menjalankan upaya-upaya untuk menekan risiko penularan COVID-19 di wilayah masing-masing.

Bupati meminta warga mendukung upaya pengendalian COVID-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mengimbau dan meminta kepada semua pihak agar disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," katanya.