FTIK UIN Palu-DLH Sigi kerja sama peningkatan kualitas lingkungan

id Dlh sigi,Dlh,Ftik,Ftik uin palu,Uin datokarama,Afit lamakarate,Askar

FTIK UIN Palu-DLH Sigi  kerja sama peningkatan kualitas lingkungan

Dekan FTIK UIN Datokarama Palu Dr Askar (kiri) dan Kepala DLH Sigi Afit Lamakarate memperlihatkan naskah perjanjian kerja sama yang ditandatangani dua belah pihak, di Sigi, Selasa (12/4/2022). ANTARA/HO-Dok FTIK UIN Palu

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi, meningkatkan kualitas lingkungan di daerah tersebut.

"UIN Datokarama menjadi satu mitra strategis dalam melestarikan dan meningkatkan kualitas lingkungan," kata Kepala DLH Kabupaten Sigi Afit Lamakarate, di Sigi, Selasa.

Kerja sama FTIK dengan DLH Sigi ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Dekan FTIK Dr Askar dengan Kepala DLH Sigi Afit Lamakarate.

Kerja sama itu merupakan tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Sigi dengan UIN Palu yang diteken oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan dan Rektor UIN Prof Sagaf Pettalongi.

Selain berkomitmen untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Sigi, dalam naskah perjanjian kerja sama FTIK UIN Datokarama dengan DLH Kabupaten Sigi disebutkan bahwa DLH Sigi akan memberikan pembinaan, sosialisasi, dan pelatihan mengenai lingkungan hidup, kepada FTIK.

Sementara FTIK UIN Datokarama dalam perjanjian itu memberikan dukungan penuh kepada kepada DLH Sigi untuk mewujudkan program lingkungan hidup.

"Kami berharap FTIK UIN Datokarama dengan segala peran dan fungsinya dapat menopang pembangunan kualitas lingkungan di Sigi," ucap Afit.

Berkaitan dengan itu, Dekan FTIK UIN Datokarama Dr Askar mengemukakan kerja sama dengan DLH Sigi merupakan satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Lingkungan dan manusia merupakan satu komponen yang tidak bisa dipisahkan, dan saling ketergantungan. Karena itu, pelestarian terhadap lingkungan dan ekosistem menjadi hal yang penting dilakukan secara bersama dengan DLH Sigi, sebagai bentuk optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Askar.

Askar mengemukakan FTIK adalah satu komponen civitas akademik UIN Datokarama yang saat ini telah beraktivitas di Sigi. Dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi UIN dalam pembangunan daerah.

"Maka kerja sama FTIK dengan DLH Sigi merupakan satu terobosan untuk menopang percepatan target pembangunan daerah di Sigi," sebut Askar.
Dekan FTIK UIN Datokarama Palu Dr Askar (kiri) bersama Kepala DLH Sigi Afit Lamakarate menandatangani naskah perjanjian kerja sama, di Sigi, Selasa (12/4/2022). ANTARA/HO-Dok FTIK UIN Palu