Panglima TNI rapat terbatas bahas keamanan Sulteng

id Jendral TNI, Andika perkasa, tentara, Sulteng, Rusdy Mastura, gubernur Sulteng

Panglima TNI rapat terbatas bahas keamanan Sulteng

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa (kiri), bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura (kanan), rapat terbatas di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Palu, Kamis (12/5/2022). ANTARA/Muhammad Izfaldi

Palu (ANTARA) -
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, melangsungkan rapat terbatas bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membahas sejumlah isu-isu sentral diantaranya menyangkut keamanan daerah setempat di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, di Palu, Kamis.
 
"Hari ini ke Gubernur, selesai rapat di sini kami akan pertemuan dengan Kepala Polda Sulawesi Tengah dan hasilnya akan kami sampaikan besok," singkat Komandan Komando Resort Militer 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Toto Nurwanto, di Palu Kamis.
 
Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, mengatakan, salah satu yang menjadi agenda pembahasan bersama Panglima TNI yakni soal keamanan dan ketertiban di wilayah setempat yang masih berfokus pada pelaksanaan Operasi Madago Raya.
 
"Harapan kami Operasi Madago Raya dapat menumpas gerakan yang mengatasnamakan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso," ujar Mastura.
 
Ia menegaskan, sekaitan dengan anjuran perjalanan pemerintah Amerika Serikat terhadap warganya tidak perlu untuk dibesar-besarkan sebab situasi dan kondisi Sulawesi Tengah saat ini terbilang sangat kondusif.
Ilustrasi- Satgas Madago Raya melakukan penyisiran dan pemburuan sisa DPO MIT Poso di wilayah operasi Madago Raya. ANTARA/Kristina Natalia

Menurut dia, hal itu tercermin dari sejumlah agenda-agenda besar yang akan berlangsung di provinsi ini dalam waktu dekat, diantaranya adalah festival Danau Poso yang akan bersifat Nasional.

Ia yakin TNI-Polri akan segera menuntaskan persoalan keamanan yang selama ini dianggap menghambat perkembangan ekonomi daerah. "Karena disana (Poso) tersisa tinggal satu orang juga. Kita tunggu beberapa hari ini kabar dari operasi ini pasti selesai," katanya.
 
Perkasa tiba di Palu sekira pukul 14.00 WITA menggunakan pesawat transport VIP TNI AU di Bandara Mutiara SIS Aldjufri, Palu. Dalam kunjungan kali ini, dia menggelar rapat terbatas dengan Mastura, kemudian akan melanjutkan pertemuan internal bersama Polda Sulawesi Tengah. Selanjutnya, Jumat (13/5), dia akan melihat lebih dekat pos komando taktis Satuan Tugas Operasi Madago Raya di Kabupaten Poso.