Gubernur minta keterlibatan TNI-Polri tingkatkan ekonomi Sulteng

id Jendral TNI, Andika perkasa, gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, Sulteng, palu

Gubernur minta keterlibatan TNI-Polri  tingkatkan ekonomi Sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (kiri) dan Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa (kanan), berdialog mengenai pelibatan personel TNI/Polri dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Provinsi Sulteng, Kamis (12/5/2022). ANTARA/HO-Kominfo Provinsi Sulteng

Palu (ANTARA) -
Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta keterlibatan TNI dan Polri menjadi promotor dalam meningkatkan ekonomi masyarakat provinsi itu. 
 
"Kami akan buat semacam pelatihan dulu untuk TNI/Polri khusus Babinsa dan Bhabinkamtibmas semacam training of trainer (TOT) nanti setelah itu kita mulai," kata Rusdy usai melangsungkan rapat terbatas bersama Jendral TNI Andika Perkasa di ruang kerjanya, Kamis. 
 
Ia menjelaskan, kehadiran personel TNI/Polri di tengah-tengah masyarakat akan sangat mendukung program kerja yang saat ini telah dicanangkan pemerintah, yakni budidaya tambak udang vaname dan rumput laut. 
 
Hal itu, lanjut dia, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah provinsi dengan Kapolri serta Panglima TNI melalui masing-masing perwakilannya Kapolda serta Danrem 132/Tadulako.
 
"Kerjasama ini nantinya melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan menjadi semacam guru untuk masyarakat, tidak hanya terwujud masyarakat yang meningkat ekonominya tapi juga personel TNI/Polri itu sendiri," jelasnya. 
 
Panglima TNI Jendral Andika Perkasa menegaskan mendukung penuh rencana tersebut, sebab akan semakin meningkatkan kualitas hubungan antar aparat dengan masyarakat. 
 
"Sangat bagus dan nanti akan ditindaklanjuti Danrem 132/Tadulako," kaya Andika. 
 
Ia mengemukakan, pihaknya akan selalu terbuka dan mendukung penuh berbagai upaya pemerintah dalam melangsungkan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah, salah satunya melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). 
 
TMMD, kata Jendral bintang empat itu Pemda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya, cukup menyiapkan bahan proyek serta lokasi yang menjadi sasaran program. 
 
"Pak Gubernur sudah ada TMMD, kiranya itu dapat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten/Kota maupun provinsi," ucap Andika. 
 
Kunjungan Jendral TNI Andika Perkasa ke Sulteng, didampingi Panglima Kodam Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh. 
 
Dalam kunjungannya kali ini, Panglima TNI akan melanjutkan pertemuan internal bersama Kepolisian Daerah(Polda) Sulteng. Kemudian, Jumat besok, Jendral bintang empat itu akan meninjau langsung pos skotis satuan tugas Madago Raya di Kabupaten Poso.