Pemkot Palu sambut baik penempatan mahasiswa KKN UIN Palu

id Mahasiswa kkn,Kkn kolaborasi moderasi,UIN Palu,Mahasiswa uin palu,UIN Datokarama

Pemkot Palu sambut baik penempatan mahasiswa KKN UIN Palu

Lurah Kelurahan Layana Indah, Sudarman, bersama mahasiswa KKN Angkatan IX Gelombang II foto bersama, di Palu, Sabtu (21/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyambut baik penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan IX Gombang II Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama.

"Kami akan membantu mahasiswa KKN dengan bersinergi lewat program-program mahasiswa," ucap Lurah Kelurahan Layana Indah, Sudarman, saat menyambut kedatangan mahasiswa KKN Angkatan IX Gelombang II di kelurahan tersebut, Sabtu (21/5).

UIN Palu menurunkan 161 mahasiswa KKN yang tersebar di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, dan Morowali. Di Kota Palu, sembilan orang mahasiswa KKN di kelurahan binaan UIN Palu yakni Kelurahan Layana Indah.

Sudarman berharap kehadiran mahasiswa KKN UIN Palu di Kelurahan Layana Indah dapat memberikan satu kesan baik di masyarakat, lewat program-program KKN yang produktif.

Pemerintah Kabupaten Morowali juga menyambut baik penempatan mahasiswa KKN UIN Palu di daerah itu. "Pemerintah daerah Kabupaten Morowali akan memberikan bantuan kepada panitia dan mahasiswa peserta KKN UIN Palu," ujar Wakil Bupati Morowali Najamudin.

Najamudin mengatakan kehadiran mahasiswa KKN di 24 desa se-Kabupaten Morowali sangat membantu pemerintah daerah, seperti membantu mengisih kekosongan guru mata pelajaran di setiap satuan jenjang pendidikan, dan kegiatan penyuluhan lainnya. "Saya akan mengawal langsung pelaksanaan KKN ini hingga selesai," ujarnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UIN Palu Dr Muhtadin Mustafa menerangkan mahasiswa KKN Angkatan IX Gelombang II akan berada di lokasi KKN selama sebulan penuh mulai tanggal 22 Mei hingga 22 Juni 2022. 

Muhtadin mengatakan KKN Angkatan IX Gelombang II mengusung tema "Kolaborasi Moderasi" dan melalui tema ini, beberapa perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di wilayah Kawasan Timur Indonesia turut mengirimkan mahasiswanya.

"UIN Palu sebagai tuan rumah, dan pelaksanaan KKN kolaborasi moderasi penempatan wilayahnya di Kabupaten Morowali," ujar Muhtadin.

Beberapa PTKIN di wilayah KTI yang mengikuti KKN kolaborasi yakni IAIN Kendari, IAIN Ternate, IAIN Gorontalo, IAIN Bone dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene.
Wakil Bupati Morowali Dr Najamudin (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Ketua LP2M UIN Palu Dr Muhtadin Dg Mustafa (ANTARA/Muhammad Hajiji)